Analisis Kreativitas Guru Dalam Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Kelompok B Di Paud Negeri Pembina 1 Kota Ternate

Rosita Wondal, Umikalsum Arfa, Safitri Jaelan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kreativitas Guru dalam Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Kelompok B di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini 2 orang guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis kreativitas guru dalam pembuatan lembar kerja peserta didik dilihat dari 4 aspek kreativitas yaitu pribadi, pendorong, proses, dan produk. Dimana: 1) pribadi, guru telah banyak menghasilkan ide-ide yang kreatif dalam pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD), 2) pendorong, guru memiliki kemampuan baik itu dari dalam diri sendiri ataupun dari luar, kemampuan dari dalam diri sendiri artinya mereka mampu membuat dan mengembangkan LKPD dengan ide yang mereka punya. 3) proses, yang guru siapkan dalam pembuatan LKPD itu secara teratur agar pembelajaran yang disampaikan bisa mengembangkan aspek perkembangan anak serta menarik perhatian siswa untuk konsentrasi dalam belajar, 4) produk, guru sudah banyak menghasilkan ide-ide yang kreatif serta karya-karya yang telah dibuat dalam LKPD.


Kata Kunci: Kreativitas Guru, LKPD, Peserta Didik


Kata Kunci


Kreativitas Guru; LKPD; Peserta Didik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Desmalia Sari Endah. 2020. (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Seni Rupa Dua Dimensi Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sriwijay

Edi Warsidi. 2017. Karakteristik Menjadi Guru Kreatif, Produktif dan Partisipatoris. Surakarta: Sinergi Prima Magna

Ega Ayu Lestari. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V Sd/Mi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fakhruddin. 2018. Sukses Menjadi Guru PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hazizah Nur Ismaniar. 2018. Buku Ajar Pelatihan Kreativiats Deu-Coupage Bagi Pendidik PAUD. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

M. Hum, Suwartono. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Purnamasari, R. 2017. (Analisis Lembar Kerja untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Wilayah Banjarejo, Boja, Kendal). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Rosilawati. 2012. (Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Potensi Kognitif Anak di PAUD Tunas Harapan di Kecamatan Gandus). Tarbiyah/Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Siti Nurhanifah. 2018. (Kreativitas Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Di TK B TKIT Raudhatul Jannah Bogor). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruaan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Titi Nur Hayati. 2018. (Gambaran Pengembangan Kreativitas Guru). Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Turyani Eka, dan Wondal. 2018. Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Chivita Books

Yualiani, N. et. al. (2013). Jurnal psikologi. Jurnal Psikologi, 40(2), 169–180. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6975/9440




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara