Analisis Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate

Rosihan Sangaji, Bujuna Alhadad, Fatoni Achmad

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam penanaman nilai-nilai karakter anak. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah cara-cara, strategi untuk memahami realitas, dan langkah-langkah yang sistematis untuk memecahkan rangkaian sebab akibat berikutnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap data dan informasi sebanyak mungkin tentang peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai karakter anak pada kelompok B usia 4-5 tahun di PAUD negeri pembina 1 Kota Ternate.
Berdasarkan hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa peran orangtua dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak yaitu mendidik anak melalui contoh perilaku yang dilakukan dengan bersikap tegas, bertutur kata yang lembut, pemberian nasehat, kemudian membiasakan untuk mentaati peraturan agama seperti melaksanakan ibadah tepat waktu, baca qur’an setiap waktu sore. Sedangkan tutur kata orang tua dengan anak di lakukan dengan pemberian arahan untuk tidak mengejek teman lain. dan yang terakhir orang tua menerapkan mengatur waktu yang dilakukan dengan mengawasi anak dalam hal sikapnya, ibadahnya, dan tutur katanya.


Kata Kunci : Peran Orangtua, Nilai-Nilai Karakter, Anak


Kata Kunci


Peran Orangtua; Nilai-Nilai Karakter; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aziz, Ab. Amka. 2013. Meletakkan Fondasi Usia Emas Anak Indonesia. Klaten: Cempaka putih.

Aulina, Choirun Nisak. 2013. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Diakses pada tanggal 11 November 2021, dari http://ojs.umsida.ac.id › articlePDF penanaman disiplin pada anak usia dini - Journal of Universitas.

Erzad, Azizah Maulina. 2017. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga. Diakses pada tanggal 4 November 2021, dari https://journal.iainkudus.ac.id ›. PDF peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan.

Hadisi, La. 2015. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 8, No. 2, 54-55.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Pustaka ilmu Grup.

Haryani, Retno Ika. dkk. 2019. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 4, No. 2, 106.

Marzuki. 2019. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: amzah.

Mohammad, R., Ahmad Syafi’I., dan Aina Amalia. 2018. Kajian Islam Tentang Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anal. Jurnal Pendidikan. Vol. IX, No. 2, 337-341.

Muhammad, Masria. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Anak Melalui Pendidikan Keluarga. Skripsi. PPKN, Universitas Khairun, Ternate.

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Pribadi Anak Yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal pendidikan anak. Vol. 1, 109-110.

Nazarudin. 2019. Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Palembang: NoerFikri.

Novrinda. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal otensia. Vol. 2, No. 1, 41.

Oom Saromah, dan Prita Kartika. 2018. Optimalisasi Peran Orang Tua Melalui Program Parenting Di Lembaga PAUD Srikandi. Jurnal COMM-EDU. Vol. 1 No. 2, 47.

Raco, J.R. dkk. 2010. Metode Penelltlan Kualltatlf Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Cikarang: grasindo.

Rahmatia. 2011. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Moral Dan Nilai-Nilai Agama Ra. Darul Hikmah Kabupaten Sinjai. http://repositori.uin -alauddin.acid/7164/1/RAHMATIA.pdf. Diakses: 5 April 2021.

Rosdiana Afia. 2006. Peran Orang tua Dalam Penanaman Pendidikan Anak Usia Dini Survei Pada Kelompok Bermaindi Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF. Vol. 1. No. 2, 64-65.

Salim & syahrum. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sani, A. R. & Kadri, M. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setiardi, Dicky. 2017. Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi .Vol. 14, No. 2, 2.

Sidik, Umar. & Choiri, M.M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Syaefudin, Sedya Santoso. 2018. Tripologi Kepemimpinan Cinta Damai Siswa SMP Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 3, No. 1, 51-52.

Wahyuningsih, Sri. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus. Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, Dan Contoh Penelitian. Madura: UTM Press.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara