MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BARUNAWATI KOTA TERNATE

Santi Farid, Nurhamsa Mahmud, Rita Samad

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok B TK Barunawati melalui kegiatan bermain jungkat-jungkit pada aspek keseimbangan dan kordinasi antar anggota tubuh. Seperti merangka, berjalan, melompat, atau berlari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian kelompok B berjumlah 10 anak. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan yakni motorik kasar anak kelompok B di TK Barunawati kota ternate dapat di tingkatkan melalui kegiatan bermain untuk meningkatkan motorik kasar anak, dengan besar peningkatan persentase perkembang motorik kasar anak, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau sebesar 60% dan pada siklus II meningkat sebanyak 80 % sehingga 10 siswa dapat mencapai sebesar 100%.

 

Kata kunci: Motorik Kasar, Bermain Jungkat-Jungkit, Anak


Kata Kunci


Motorik Kasar; Bermain Jungkat-Jungkit; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Asmawati Luluk dkk 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ariyanti, Tatik. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Pendidikan Dasar( Vol. 8 No 1 maret 2016: 50-58).

Elizabeth dan Hurloch. 2008. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

http://id.wikipedia.org/wiki/jungkat-jungkit, didownloadtgl. 05/03 2014 pukul 9.46 WIB

Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Penney Upton, 2012 Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 57

Suyanto, slamet. 2005. Konsep Dasar Pedidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional

Sujiono, B (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas terbuka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 20

Wijaya, Halaluddin. H. 2019. Analisis data kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffay.

Yuliyani. (2009). Konsep Dasar PAUD. Jakarta : Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4284

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara