MENINGKATKAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN JUNGKAT-JUNGKIT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BARUNAWATI KOTA TERNATE
Sari
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik kasar anak kelompok B TK Barunawati melalui kegiatan bermain jungkat-jungkit pada aspek keseimbangan dan kordinasi antar anggota tubuh. Seperti merangka, berjalan, melompat, atau berlari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Subjek penelitian kelompok B berjumlah 10 anak. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan yakni motorik kasar anak kelompok B di TK Barunawati kota ternate dapat di tingkatkan melalui kegiatan bermain untuk meningkatkan motorik kasar anak, dengan besar peningkatan persentase perkembang motorik kasar anak, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau sebesar 60% dan pada siklus II meningkat sebanyak 80 % sehingga 10 siswa dapat mencapai sebesar 100%.
Â
Kata kunci: Motorik Kasar, Bermain Jungkat-Jungkit, Anak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
Asmawati Luluk dkk 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariyanti, Tatik. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Pendidikan Dasar( Vol. 8 No 1 maret 2016: 50-58).
Elizabeth dan Hurloch. 2008. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
http://id.wikipedia.org/wiki/jungkat-jungkit, didownloadtgl. 05/03 2014 pukul 9.46 WIB
Nurani Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Penney Upton, 2012 Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga, 57
Suyanto, slamet. 2005. Konsep Dasar Pedidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional
Sujiono, B (2007). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas terbuka.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 20
Wijaya, Halaluddin. H. 2019. Analisis data kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffay.
Yuliyani. (2009). Konsep Dasar PAUD. Jakarta : Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4284
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara