Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini

Aam Nurpatimah

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui metode penanaman sikap nasionalisme pada anak usia dini di PAUD. Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan sebelum memasuki pendidikan dasar yang di tujukan kepada anak usia 0-6 tahun. Penanaman sikap nasionalisme dan pembentukan karakter pada anak usia dini sangatlah penting. Dalam menghadapi era globalisasi ini banyak pembaharuan yang terjadi, untuk itu penanaman sikap nasionalisme harus ditanamkan sejak usia dini supaya anak mengenal dan memahami bangsa dan negaranya, serta menjauhkan anak dari perilaku yang tidak bermoral. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode study literature. Data penelitian diperoleh dari berbagai macam sumber pustaka yang didapat dari beberapa jurnal sebelumnya yang berkaitan dengan sikap nasionalisme dan anak usia dini. Dari berbagai macam sumber referensi yang ada  menjadikan penyusunan dalam artikel ini berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian memperoleh empat metode pembelajaran dalam menanamkan sikap nasionalisme pada anak usia dini yaitu, metode bernyanyi, metode bercerita, melakukan karya wisata, dan metode menggambar.


Kata Kunci


Nasionalisme; Pembelajaran; Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah N., & Wulandari, R. T. 2018. Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 26–34.

Ali, M. 2016. Pengembangan Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Menyanyikan Lagu Nasional Pada Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Barunawati Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 5, No. 4.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. 2017. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6, No. 2, 203-213.

Dinar, R. E., Yanzi, H., & Halim, A. 2019. Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kultur Demokrasi, Vol. 5, No. 2.

ERINA, Y. 2022. Upaya Guru Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Miftahul Huda Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Ginting, S. 2021. Memupuk Jiwa Nasionalisme Melalui Pendidikan Karakter Holistik Integratif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 23-30.

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 6, No. 2, 42-46.

Permono, H. 2013. Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini.

Purwastuti, L. A. 2010. Model Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Bagi Anak Usia Dini Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol 40, No 1.

Rahayu, D. 2022. Model Pembelajaran Sentra Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Anak Usia Dini Di Paud Nusa Indah Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 10, No 1, 164-179.

Seriadi, S. L. N. 2019. Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 31-38.

Setyowati, E., & Ningrum, M. A. 2020. Urgensi Pendidikan Karakter Dan Nasionalisme Bagi Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), Vol. 1, No. 2, 97-106.

Wuryandani, W. 2014. Membangun Karakter Bangsa Melalui Penanaman Nilai Nasionalisme Untuk Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4360

Refbacks



Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara