Analisis Perkembangan Motorik Halus Menggunakan Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok B Di PAUD Alkhairaat Gambesi Kota Ternate

Andi Agustan Arifin, Dewi Mufidatul Ummah, Silva Alim

Sari


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan motorik halus anak menggunaan teknik mozaik di PAUD Alkhairaat Gambesi Kota Ternate yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melibatkan dua orang guru. Penelitian ini menunjukkan bahwa kelima cara perkembangan motorik halus menggunakan teknik mozaik pada anak kelompok B tersebut dapat dijadikan sebagai satu alternatif dalam proses perkembangan motorik halus. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mozaik dalam perkembangan motorik halus anak adalah sebagai berikut: (I) Guru memilih pola gambar untuk kegiatan mozaik sesuai dengan tema, (II) Guru membuat rancangan alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan mozaik, (III) Guru memberikan pengarahan dalam proses kegiatan mozaik kepada anak, (IV) Guru memberikan pengawasan dan pengamatan pada saat kegiatan mozaik, (V) Guru S mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan motorik halus anak menggunaan teknik mozaik di PAUD Alkhairaat Gambesi Kota Ternate yang dilaksanakan pada bulan Juli 2021.

 

Kata kunci: Teknik Mozaik, Motorik Halus, Anak Usia Dini


Kata Kunci


Teknik Mozaik; Motorik Halus; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Binti, Nur Avivah. 2017 Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Kelompok B2 Melalui Teknik Mozaik Di TK Jember Permai 1 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Depdiknas. 2007. Bidang Pengembangan Fisik Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dewi, Ni Wayan Risna, Gede Raga, Mutiara Magta. Penerapan Teknik Mozaik Berbantuan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Melukis Anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 No 1 Tahun 2014.

Elizabeth, Hurlock B. 2013. Perkembangan Anak: Edisi ke-enam Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Endah. 2016. Perkembangan Motorik Anak, http://parentingislami.wordpress.com (online), Diakses 10 Februari.

Ihdan, Rohmawatin. Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Paper Quilling Pada Anak Kelompok B3 di TK Darul Falah Cukir Diwek Jombang. Jurnal PAUD Teratai, Volume 06 Nomor 03 tahun 2017. 16 Ibid.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta. Cetakan ke 3.

John, W Santrock. 2007 Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Krassadaki. Adopting a Strategy for Enhacing Generic Skills in Engineering Education Industry and Higher Educations, Vol. 28. No. 3, 2014.

Nilawati, Tadjuddin. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Bandar Lampubg: An-Nur.

Purna, Dian Diningrum Tri. 2015. Pengaruh Latihan Menggambar Dengan Teknik MozaikTerhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Di Slb-C Tpa Kabupaten Jember. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.

Rahman, Hibana S. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKIP ress.

Redaksi Tim. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas). Bandung : Fokusindo Mandiri.

Richard, decaprio. 2003. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik disekolah. Diva pres.

Romlah. Pengaruh Motorik Halus Dan Motorik Kasar Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. Vol 2, No 2, Desember 2017.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Schultz, Stephen. 2013. Mosaic Oblique Images And Methods Of Making And Using Same. U.S. Patent No. 7,873,238.

Suanrto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sujiono, Bambang dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik, Banten: Universitas Terbuka.

sujiono, Bambang, dkk. 2012. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas terbuka.

Sulastri, A.T. 2015. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mosaik Pada Anak Kelompok B Di TK Pamardisiwi Muja-Muju Yogyakarta. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumantri. 2001. Model Perkembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Jakarta: depdiknas.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Dan Aspek Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Syafaruddin, dkk. 2013. Profesi Keguruan & Pendalaman Materi Raudhatul Atfal. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN. hal. 145.

Tim Redaksi. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Bandung : Fokusindo Mandiri.

Wahyudi, Intan Nursayyidah, Iman Nurjaman. Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2301-9905 Volume 7, No. 2, Januari 2018.

Wuryandari, Wuri. 2010. Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jawa Barat: PG TK IT Pusda.

Zulkifli L. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4394

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara