Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Bimbingan Belajar Dari Rumah Dengan Menggunakan Media Gambar Di Kelompok B TK Lolena Kecematan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan

Hartini La Rakima, Selvi Wulandari

Sari


Abstrak: Keterampilan menulis permulaan dalam penelitian ini mencangkup  kejelasan tulisan (dapat dibaca), kecepatan menulis serta  ketepatan anak dalam menulis. Bimbingan belajar dari rumah dengan menggunakan media gambar dalam penelitian ini adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada anak untuk dapat mengatasi masalah kesulitan menulis permulaan dengan bantuan media gambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis permulaan melalui bimbingan belajar dari rumah dengan menggunakan media gambar kelompok B TK Lolena Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Tipe penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelompok B TK Lolena dengan jumlah subjek penelitian 12 siswa. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa keterampilan menulis permulaan dapat ditingkatkan melalui bimbingan belajar dari rumah dengan menggunakan media gambar kelompok B TK Lolena Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan kemampuan menulis anak 16,67% (Pratindakan) meningkat menjadi 33,33% (Siklus I). Besar peningkatan yang terjadi anatara pratindakan dan siklus I sebesar 16.66%. Hasil kemampuan menulis anak 33,33% (Siklus I). Meningkat menjadi 83,33% (Siklus II). Peningkatan yang terjadi sebanyak 50%.. 

Kata kunci: Menulis Permulaan, Bimbingan Belajar, Media Gambar

Kata Kunci


Menulis Permulaan; Bimbingan Belajar; Media Gambar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Saleh. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Abdurrahman, Mulyono. 2015. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT RinekaCipta.

Amboh, Enre Fachrudin. 2018. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Boby, De potter & Hernacke mike. 2006. 88 Kerangka Perancanaan Model Quantum Learning. Bandung: kaifa.

Cole, M. dan Cole, S. 2001. Perkembangan Anak. New York: Worth Publishing.

Farida, Rahim. 2017. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fatima, Tehsin, dkk. 2013. Parental Involvement And Academic Achievement; A Study on Secondary Student of Lahore. Pakistan: International Journal of Humanities and Social Science. Lahore city.

Gerde, H., Bingham, G., dan Pendergast, M. 2015. Reliability And Validity Of The Writing Resouces And Interactions Teaching Environtment (Write) For Preschool Classromms. Early Childhood Research Quartely. Vol 31.

Itkunminannar, Nindania. 2016. Hubungan Bimbingan Orang Tua Dan Guru Dengan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta.

Kallo, Vandri D. 2015. Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Di SDN Inpres 1 Tumaratas Kecamatan Langowan Barat. Ejournal keperawatan.

Karli, H. 2015. Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Usia 4-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Penabur Vol. no. 25.

Kusuma, Halen. 2012. Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

M. Dalyono. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiroh, T. 2009. Menumbuhkembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Musfiroh, Tadzkiroatun. 2005. Bercerita Untuk Anak UsiaDini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, DirektoratJenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Pendidikan dan Ketenagaan PerguruanTinggi.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bangsa. Jakarta: Penerbitan Universitas Terbuka.

Paizaluddin, Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Pamoengkas. 2016. Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Presentasi Belajar Siswa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rofi’uddin, Ahmad & Darmiyati Zuhdi. 2019. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Tinggi. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rosidi. 2019. Terampil Menulis Kalimat Yogyakarta: Kanisius.

Sardiman. 2017. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Slameto. 2016. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: BinaAksara.

Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2017. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Umar, Munirwan. 2015. Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Uminingsih. 2016. Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 004 Bontang. Surakarta: Cendekia.

Wahyuni, Baharudin Esa Nur. 2017. Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widyastuti, A. 2017. Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT elex media komputindo.

Yasa, Gede Sedana. 2014. Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4395

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara