Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan

Fatoni Achmad, Bujuna Alhadad, Agus Sultoni, Masayu Rasyid

Sari


Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter religius pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Manurung Goto Tidore Kepulaun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan karakter religius pada anak usia dini di laksanakan oleh guru, di antaranya: 1. Nilai ibadah, pembentukan nilai karakter religius pada aspek ini adalah dengan cara pembiasaan di mulai dari hal-hal yang sederhana seperti sholat, berdoa, adzhan, bersholawat kepada nabi dan berzikir. 2. Nilai kedisiplinan, pembentukan karakter religius pada aspek nilai kedisiplinan terkait dengan kepatuhan, ketaatan dan ketertiban sudah di terapkan di TK Manurung Goto Tidore Kepulaun tetapi hanya beberapa anak yang bisa melakukannya secara sempurna sedangkan anak yang lainnya belum. 3. Nilai keteladanan, pembentukan karakter religius pada aspek nilai keteladanan di terapkan dengan bersikap sopan santun di hadapan anak-anak serta guru menjadi contoh yang baik untuk anak-anak dengan cara datang lebih awal ke sekolah.
Kata kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Anak Usia Dini


Kata Kunci


Peran Guru; Karakter Religius; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alifah, N. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter di MI Ma’arif NU Windunegara Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2019/2020.

Amalia, N., Asmawati, L., & Fahmi, F. 2019. Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak Dan Lagu. Jurnal Penelitian dan …, 6, 51–62.

Harmanto, B., Saputro, A. D., Pascasarjana, P., & Ponorogo, U. M. 2020. Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama Dan Moral Untuk Membentuk Karakter Religius Dan Mandiri Di Ra Terpadu Al-Madinah Kecamatan Abstrak Pendahuluan Keberhas. TARBAWI : JOURNAL ON ISLAMIC EDUCATION Url : http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/tarbawi 4(1), 63–74.

Isnaini Sa’adah. 2019. Upaya Peningkatan Karakter Religius Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Skripsi, 1–19.

Istifarriana, D. M. 2021. Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Film.

Jannah, M. 2019. Karakter Religius Yang Diterapkan di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Oleh : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 77–102.

M. Fadillah. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.

Noviyeni, H., Ali, M., & Halida. 2015. Peningkatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Sikap Berdoa pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(1), 1–10.

Suhendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T. 2020. Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Usia Dini di RA RoudlotUnnahdiyah Dusun Ngarawan Desasadolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Akrab Juara, 5(1), 43–54.

Umaroh, S. 2018. Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Nurul Huda Suban Lampung Selatan Skripsi. In e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara