Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari

Bahran Taib, Rita Samad, Winda Oktaviani, Meisar Irham

Sari


Pendidikan Anak Usia Dini dapat diselengggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal, informal. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan enam aspek perkembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk implementasi seni gerak dan lagu dalam membentuk karakter anak di PAUD Kemala Bhayangkari Kota Ternate. Metode yang digunakan ialah kualitatif deskriptif tekhnik yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah para guru dan anak yang berada di PAUD Kemala Bhayangkari Kota Ternate. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan karakter dapat di lakukan melalui banyak hal seperti melalui sikap mandiri, kreatif dan rasa tanggung jawab yang mulai di biasakan dalam diri anak melalui proses pembelajran seni gerak dan lagu. 1) Mandiri melatih anak dalam sikap kemadirian yang mana anak di ajarkan agar dapat melakukan gerakan dan lagu sendiri. Melatih sikap kepercayaan dirinya dalam melakukan gerakan dan lagu. 2) Guru melatih kreatifitas anak dalam hal seni gerak dan lagu dalam pembentukan karakter, dimana anak melakukan gerakan-gerakan yang unik yang di buat sendiri oleh ibu guru kemudian di gabungkan dengan musik dan lagu. 3) Rasa tanggung jawab yang di miliki anak dalam mengikuti semua proses pembelajaran yang di perintahkan oleh ibu guru selama proses pembeajaran seni gerak dan  lagu.


Kata Kunci


Seni Gerak; Karakter; Lagu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Fatoni. 2019. Peran Pendidikan Karakter dalam Membangun Kepribadian Pelajar di SMAN I Salem. Munaqasyah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2(1).

Afief, Khulqian. 2019. Pengembangan Lagu Anak Sebagai Implementasi Pembentukan Karakter Religius, Mandiri dan Peduli Lingkungan. Skripsi. Publikasi IAIN Purwokerto.

Ahsanah, Anita. 2018. Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini di TK Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Publikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ambarini, Indrariani dan Zahraini. 2018. Antisipasi Pencegahan Perilaku Bullying Sedini Mungkin: Program Anti Bullying Terintegrasi untuk Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community UNISNU Jepara Volume 2 Nomor 2, Juli-Desember 2018.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arostiyani. 2013. Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pendidikan Karakter Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Desa Linggapura Kecamatan Tonjong, Brebes. Skripsi. Publikasi Universitas Negeri Semarang.

Asmani. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Cahyaningrum dkk. M. Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 6 Edisi : 2 Desember 2017

Cunningham F.G. 2012. Obstetri Williams. Buku Kedokteran ECG Cetakan 23. Jakarta

Darmiyati Zuchdi. 2009. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Yogyakarta: UNY Press

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pemalang: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang

Fadillah, Muhamad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Hardini, Adelia. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain Pelangi Bangsa Pemalang). Skripsi. Publikasi Universitas Negeri Semarang.

Hasan, Maimunah. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini: Panduan Lengkap Manajemen Mutu Pendidikan Anak untuk Para Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayah, Dewi Sofa. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak An-Nahl Bandar Lampung. Skripsi. Publikasi UIN Raden Intan Lampung

Iswantiningtyas dan Wulansari. 2018. Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Jamalus. 2008. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik, Jakarta: CV. Rajawali.

Juwariyah. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Teras.

Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Karyono, Hari. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Taman Kanak-Kanak: Studi Kasus pada Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 97 Gasum, Pusdik Porong, Jawa Timur, Indonesia. Jurnal Sosio Humanika : Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 8(2) November 2015

Krisdayanti Yuni. 2020. Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Drum Band dan Angklung di TK Nakita Insan Mulia Purwokerto. Skripsi. Publikasi IAIN Purwokerto.

Lastari dkk. 2016. Penerapan Pembelajaran Gerak dan Lagu Berbantuan Audiovisual untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniVolume 4. No. 2 - Tahun 2016

Lickona, T. 2013. Character Matters (Persoalan Karakter): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara, alih bahasa oleh Juma Abdu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Masitoh, dkk. 2005. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Megawangi Ratna. 2010. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakart : Star Energy.

Mufidah, Luk Luk Nur. 2014. Brain Based Teaching and Learning. Yogyakarta: Teras.

Musbikin, Imam. 2012. Cerdaskan Otak Anak dengan Doa!. Yogyakarta: Safirah.

Muslich Masnur. 2012. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta : PT Bumi Aksara

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Neolaka, Amos dan Neolaka, Grace Amalia A. 2017. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta : Kencana.

Nugraheni dan Purwanto, B. A. 2019. Tembang Dolanan sebagai Konservasi Pendidikan Karakter pada Komunitas Bocah Playon di Pasar Papringan Temanggung. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.31002/ijel.v2i2.1089

Nugraheni. 2013. Penerapan Pendidikan Karakter di TK Negeri 1 Maret Playen Gunung Kidul Yogyakarta (Studi Deskriptif). Skripsi. Publikasi Universitas Negeri Yogyakarta

Nurwati dan Salsabilla, 2020. Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia 5-6 tahun Melalui Lagu-Lagu Anak di TK IT Bunga Harapan Samarinda. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Maret 2020 . Vol 05

Paspiani. 2015. Kegiatan Latihan Gerak dan Lagu (Jeruk Bali) untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume IV Edisi 1 Juni 2015

PAUDNI. 2011. Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta: Dirjen PAUD

PAUDNI. 2012. Pedoman: Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jendral PAUDNI

Piaget, Jean, & Barbel Inhelder, 2010. Psikologi Anak, Terjemahan Miftahul Jannah, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Cet. 1

Prabowo, Ari. 2017. Pentingnya Berkisah Al-Qur'an dan Sunnah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education. Volume 2, August 2017.

Prahesti dan Dewi. 2020. Gerak dan Lagu Neurokinestetik (Gelatik) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Volume 4 Issue 1

Safitri, Isnaini. 2020. Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Lagu Dolanan. Skripsi. Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sahara, Sayuti; 2003. Konsep Rangkuman dan Penjelasan: The Physiological Bhasis of Physical Education and Atheletics. Padang: Pasca Sarjana UNP.

Samani dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: RemajaRosdakarya Offset.

Satibi, Hidayat Otib. 2006. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Suryanto. 2011. Peranan Pola Hidup Sehat Terhadap Kebugaran Jasmani. Artikel Penelitian. UNY, Yogyakarta.

Tuhana Andrianto Taufiq. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5337

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara