MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN TELEPON KALENG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELOMPOK A PAUD NEGERI PEMBINA 1 KOTA TERNATE

Umikalsum Arfa, Andi Agustan Arifin, Novianti Abdurahman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa anak melalui telepon kaleng pada kelompok A PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A PAUD Negeri pembina 1 kota ternate yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bahasa anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan awal bahasa anak dari 15 siswa di kelas A yang memberikan hasil belum berkembang (BB) yaitu 40%, mulaiberkembang (MB) yaitu 27%, berkembang sangat baik (BSB) yaitu 20%, dan berkembang sesuai harapan 13%. Pada siklus 1, belum berkembang (BB) yaitu 13%, mulai berkembang (MB) 13%,berkembang sangat baik (BSB) yaitu 33%, dan berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu 40%. Sedangkan pada siklus II, belum berkembang (BB)yaitu 0%, mulai berkembang (MB) yaitu 7%,berkembang sangat baik (BSB) yaitu 27%, dan berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu 67%.

 


Kata Kunci


Media Telepon Kaleng; Bahasa; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, S., Joko, S., Sukamto. 2019. Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3): 221-229.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris, A dan Andri, T.K. 2017. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar Pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2): 151-158.

Catron dan Allen, dkk. 1999. Early Childhood Curiculum A Creative Play Modell. New Jersey: Merill, Prentice-Hall.

Danandjaja, J. 1994. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pusaka Utama Grafiti.

Dimyati, J. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fadilah, M. 2017. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Kurnia, R. dan Zulkifli, N. 2016. Efektifitas Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bahan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Melati Dharma Wanita Air Tiris, Kecamatan Kampar. Educhild, 5(1): 27-36.

Lathifa, U. dan Chandra, D.S. 2014. Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(1).

Madyawati, L. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Masitoh, dkk. 2008. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Munawaroh, U. 2020. Efektivitas Media Kaleng Indah Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan (Penelitian pada Siswa Kelompok A di Bustanul Athfal Aisyiyah Kalibanger Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Musfiroh, T. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Ningsih, S. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share (TPS) Menggunakan Media Telepon Kaleng Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nisa, D.I. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Wali Murid pada kelas B1 di RA Permata Belia Kalipancur Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Anak Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Patoni, A. 2004. Dinamika Pendidikan Anak. Jakarta: PT Bina Ilmu.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan TK dan SD.

Peter, K., Pellegrini, A.S. 2008. Learning Through Play. Minessta: Goldsmiths, University of London, United Kingdom University of Minnesota, USA.

Rizkiyana, M. 2019. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Bergambar Kelompok A di TK Aisyiah Bustanul Athfal Wates Gadingrejo Pringsewu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Saraswati, S. 2009. Aneka Permainan Bayi dan Anak. Jogjakarta: Kata Hati.

Seefeldt, C., Barbara, A.W. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini “Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Lima Tahun Masuk Sekolahâ€. Jakarta: PT Indeks.

Setiawan, C.R. 2002. Belajar dan Pembelajaran Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Simamora, L.H. 2019. Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai T.A 2018/2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Suhartono. 2005. Program Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sumantri, M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tedjasaputra, M.S. 2005. Bermain, Mainan dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Gramedia.

Wahyuningsih, S. 2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-5 Tahun. Bandung: PT Sandiarta Sukses.

Yusuf, S. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5338

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara