Implementasi Pendekatan Behavioristik Terhadap Penyesuaian Diri Anak Usia Dini

Yulia Novita Sari, Dyla Fahjriani N, Nurul Jariah, Agus Sultoni

Sari


Penyesuaian diri anak usia dini adalah suatu kegiatan yang meliputi respon mental serta perilaku yang mana anak usia dini berusaha untuk bisa mengatasi kebutuhan yang ada dalam dirinya. Kenyataanya di lapangan tidak semua anak usia dini memiliki kemampuan dalam penyesuaian diri di lingkungannya seperti: masih banyak anak menangis dan tidak mau masuk sekolah, takut bertemu dengan teman, guru atau orang lain yang belum dikenal, minta ditemani orang tua atau pengasuh. Pendekatan behavioristik dalam membantu penyesuaian diri pada anak usia dini bertujuan untuk memberikan penguatan stimulus respon dalam mengubah tingkah laku anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Library Research merupakan metode penelitian dimana dalam proses pencarian, mengumpulkan dan menganalisis sumber data untuk diolah dan disajikan dalam bentuk laporan penelitian kepustakaan dengan beragam topik yang diperlukan. Hasil penelitian menggambarkan pendekatan behavioristik memberikan dampak yang positif pada penyesuaian diri anak usia dini jika dilakukan secara konsisten. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa penyesuaian diri pada anak usia dini dibutuhkan dalam melakukan adaptasi di lingkungannya untuk membantu tugas perkembangan yang optimal, peranan orang tua sangat berpengaruh untuk mengembangkan penyesuaian diri anak, pendekatan behavioristik merupakan intervensi dalam dalam membantu penyesuaian diri anak usia dini dengan penerapan secara teus menerus dan berulang-ulang.


Kata Kunci


Pendekaan behavioristik; Penyesuaian diri; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiani, H. 2016. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Refika Aditama.

Azizah, S. M., & Maharani, D. 2019. Peningkatan Kemampuan Penyesuaian Diri Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran Mikro. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 109-127.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi : Rafika Aditama.

Creswell, J. W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Davidoff, L.L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar. Edisi 2. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Evanirosa, E., Bagenda, C., Hasnawati, H., Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, N., Maisarah, M., Asdiana, A., Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. 2022. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) (Z. Na’im (ed.)). Media Sains Indonesia. https://play.google.com/books/reader?id=vrp_EAAAQBAJ&pg=GBS.PA69.

Ghufron, Muhammad Nur dan Rini Risnawati S. 2016. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haslinda, H. 2019. Classical Conditioning. Network Media, 2(1).

Hurlock, EB . 2009. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Lefudin. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. ttp: Budi Utama.

Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Alyani, N. N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626-1638.

Maghfhirah, S., Maemonah. (2020). Pemikiran Behaviorisme Dalam Pendidikan (Study Pendidikan Anak Usia Dini). Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 89-110.

Purwati, M. J. 2013. Pendekatan Intervensi Dini, Tingkat Inteligensi, dan Penyesuaian Diri Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1).

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. 2020. Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011-1020.

Sanyata, S. 2012. Teori dan aplikasi pendekatan behavioristik dalam konseling. Jurnal Paradigma, 14(7), 1-11.

Skinner, B. F. 2013. Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, N. 2007. Hubungan antara keyakinan diri akademik dengan penyesuaian diri siswa tahun pertama sekolah asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6175

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara