Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Model CIPP (Context Input Process Product Evaluation) di PAUD Kober Nurul Anwar

INKA ANEZA, Aurora Nur Inayah, Fitri Nursifah, Sifa Nursaripah, Bayu Adi Laksono

Sari


Evaluasi dengan menggunakan model Context, Input, Process and Product (CIPP) digunakan untuk mengevaluasi program termasuk program pembelajaran PAUD Kober Nurul Anwar di Tasikmalaya. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengevaluasi kualitas program yang dilaksanakan dengan membandingkannya dengan standar PAUD yang ditetapkan pemerintah. Subyek penelitian ini adalah pengelola dan pengawas PAUD, dan metode penelitiannya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang efektivitas program PAUD model CIPP PAUD Kober Nurul Anwar. Pemangku kepentingan seperti pengawas dan pemimpin PAUD dapat menggunakan hasil ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program dan melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas PAUD di lingkungan tersebut.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah, 9.

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP. Jurnal Al-Amin Ilmu dan Budaya Islan, 3(1): 37-53.

Doyok, R. (2021). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Islah Bukittinggi. Jurnal Ideas Pendidikan Sosial dan Budaya, 7(3): 73-82.

Farida Yusuf Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fauziddin, M. & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2): 162-169.

Hubbard, Jhon, J. (1999). Competence In the Context of Adversity: Pathways to Resilience and Maladaptation from Childhod to Lete Adolescence. Development and Psychology, 11, 143-169.

Jaya, P. R. P. & Ndeot, F. (2018). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Pernik Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 10-25.

Kasrani. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Manajemen Pendidikan, 235-237.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1): 111-125.

Nurhayani, Y. M. (2022). Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2355-2359.

Sholeh, M. & Ahmad, A. (2019). Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks Fungsi, Tujuan dan Manfaat yang Dilakukan oleh Pendidik (Telaah Evaluasi Pembelajaran dalam Mapel Pendidikan Agama Islam). Jurnal Media Ahsana, 5(2): 37-53.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualtatf dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarno, M. (2016). Kombinasi Quantum Learning dan Media Motivasi Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. (1).

Spaulding, T. Dean. (2008). Program Evaluation in Practice: Core Concepts and Examples for Discussion and Analysis. San Fransisco: Jossey-Bass.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 halaman 6 tentang Sistem Penddikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6798

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara