Implementasi Nilai-Nilai Agama dalam Pengelolaan Kurikulum PAUD di RA Al-Ikhlash

Risbon Sianturi, Alfika Nabila, Gusthine Almeera Irawan

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam aspek keagamaan yaitu nilai-nilai agama pada anak usia dini di RA Al-Ikhlash Jl. Lingkar Dadaha Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif serta menggabungkan data menjadi bentuk tulisan dan gambar. Penulis menggunakan jenis studi lapangan, di mana penulis terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data-data yang ingin diteliti. Hasil penelitian menemukan bahwa Pengelolaan Kurikulum di RA Al-Ikhlash telah mencerminkan komitmen kuat dalam membangun pemahaman agama Islam pada anak-anak sejak dini. Dengan bantuan pendidik melalui bimbingan, pembiasaan dan contoh. Dalam upaya menanamkan nilai-nilai agama, kepada peserta didik, RA Al-Ikhlash mempertimbangkan prinsip-prinsip kurikulum yang menyertakan sejumlah praktik dan kegiatan pembelajaran pada hari tertentu dan melibatkan faktor-faktor pendukung seperti kualifikasi pendidik, keterlibatan positif orang tua, guru pendamping, dan kepemimpinan sekolah yang peduli terhadap pendidikan agama. Namun, terdapat juga faktor-faktor penghambat seperti keterbatasan sumber daya, kondisi lingkungan, tantangan dalam mengatasi perbedaan kemampuan anak, dan pembatasan waktu.

Kata Kunci


Pengelolaan kurikulum; anak usia dini; implementasi nilai-nilai agama; faktor pendukung dan penghambat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahid, N. (2006). Konsep dan Teori Kurikulum dalam Dunia Pendidikan. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 12–29.

Anggraini, P., Khasanah, E. R., Sari, R. N., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum Kelompok Bermain (KB). Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(2), 289–300.

Hanik, U. (2023). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Refleksi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanggul.

Imtihani, A. (2018). Strategi Pengelolaan Raudatul Atfal (RA) Menjadi Paud Unggulan. Jurnal: Al-Athfal, 1(1), 106–132.

Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama & Budi Pekerti. Pusat Perbukuan.

Muntakhib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di TK ABA Petarukan). Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi Dan Tradisi, 4(2), 247–261.

Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(1), 85–99.

Rahmah, H. D., Ummah, L., Fauzia, S. A., Rahmadani, S., & Hasanah, L. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila Dalam Kurikulum 2013 Merdeka di PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189.

Rinta, A. S., Febriana, D., & Wulandari, R. (2022). STRATEGI PENGELOLAAN PEMASARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Multidisipilner Bharasumba, 1(1), 198–205.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 30–44.

Saputra, M. A. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Agama Anak Usia Dini di RA DDI Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam: Jurnal Peneltian Agama Dan Sosial Budaya, 20(2), 197–210.

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71–81.

Sukariyadi, T. I. (2022). Manajemen Kurikulum. Pena Persada Redaksi.

Sukmadinata, N. S. (2006). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek (Mukhlis, Ed.). Remaja Rosdakarya.

Thaib, R. M., & Siswanto, I. (2015). Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Kurikulum (Suatu Analisis Implementatif). Jurnal Edukasi (Media Kajian Bimbingan Dan Konseling), 1(2), 216–228.

Yuliana Ema, & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum Kelompok Bermain. JIMS: Journal of International Multidisciplinary Research , 2(1), 1–7.

Zaputri, N. S. (2019). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6878

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara