Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini pada Era 4.0

Marina Letara Nababan, Nasib Tua Lumban Gaol, Winarti Agustina

Sari


Pentingnya manajemen strategi dalam pengelolaan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di era 4.0 ditandai oleh perkembangan teknologi dan perubahan sosial yang signifikan. Dalam menghadapi tantangan zaman, lembaga PAUD harus beradaptasi dan mengimplementasikan proses strategi yang sesuai dengan kebutuhan berbagai pihak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. Hasil studi ini mengidentifikasi bahwa analisis lingkungan internal dan eksternal adalah langkah awal dalam memahami kondisi lembaga PAUD. Melalui analisis SWOT dapat diketahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Setelah pemahaman yang baik tentang lingkungan lembaga PAUD tercapai, pembuatan visi, misi, tujuan, dan strategi yang sesuai menjadi langkah selanjutnya. Visi dan misi adalah pedoman utama, sementara tujuan harus realistis dan terukur. Proses perencanaan yang matang sangat penting dalam mencapai keberhasilan. Implementasi manajemen strategi adalah tahap penting yang memungkinkan visi, misi, dan tujuan organisasi tercapai. Pemimpin lembaga PAUD harus membuat kebijakan yang mendukung implementasi strategi. Terakhir, memonitor dan mengevaluasi strategi adalah langkah untuk memastikan keberlanjutan dan perbaikan. Pengendalian dan evaluasi membantu melihat sejauh mana strategi berjalan sesuai rencana. Dalam era 4.0 yang penuh dengan perubahan, manajemen strategis menjadi kunci untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga PAUD.   

Kata kunci: Manajemen strategi; lembaga pendidikan, pendidikan anak usia dini, era 4.0.


Kata Kunci


Pendidikan; Anak Usia Dini; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Islamic Education Manajemen, 6(1), 87–94.

Baltabayeva, Z. B., Sautieva, F. B., Skorobogatova, A. G., & Mamatelashvili, O. V. (2020). The impact of success factors on the strategic management in an educational complex. Revista Amazonia Investiga, 9(29), 336–346. https://doi.org/10.34069/ai/2020.29.05.38

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. In Continuous Education : Journal of Science and Research (Vol. 1, Issue 1). http://pusdikra-publishing.com/index.php/josr/home-free

Fidler, B. (2002). Strategic Management for school development: Leading your school’s improvement Strategy. Paul Chapman Publishing.

Guerras-Martín, L. Á., Madhok, A., & Montoro-Sánchez, Á. (2014). The evolution of strategic management research: Recent trends and current directions. BRQ Business Research Quarterly, 17(2), 69–76.

Griffin, R. W. (2021). Management (13th ed.). Cengage Learning.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. E. (2015). Concepts Strategic Management Competitiveness & Globalization (Eleventh edition). Cengage Learning.

Husni, F., & Wahyudiati, D. (2022). Relevansi Manajemen Strategik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Daya Saing di Sekolah Dasar. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(1), 34–47.

Irani, U., AR, M., & Khairuddin. (2014). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Sman 10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 58–70.

Jasper, M., & Crossan, F. (2012). What is strategic management? Journal of Nursing Management, 20(7), 838–846. https://doi.org/10.1111/jonm.12001

Kalimah, S., Abdullah, M., Makruf, I., & Purnomo, S. (2022). Analisis Internal Perencanaan Strategis di SMPN 2 Ngawi dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata (Perspektif SWOT). MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2), 200–222.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann, 1(1), 28–43.

Lestari, A. S. (2019). Penerapan Manajemen Strategik dengan Analisis SWOT Pada SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Islamic Education Manajemen, 4(1), 1–24. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5173

Lumban Gaol, N.T., & Nababan, M. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di Abad-21. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 7(4), 430-440

Mahmud. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Berbasis Nilai-Nilai Spiritual. Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Munandar, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Mamba’ul, S., & Jambi, U. (2019). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. In Nur El-Islam (Vol. 6, Issue 2).

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia

Pendidikan Di Era 4.0. Jurnal EduTech , 6(1), 109–114.

Rahayu, N. I. A. (2020). Kepemimpinan Kepala PAUD Di Era Revolusi Industri 4.0. Pustaka Senja.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2010). Manajemen (10th ed.). Erlangga.

Rothaemel, F. T. (2021). Strategik Management Concept (5th Edition). McGraw-Hill Education.

Sari, M. N., Andri Kurniawan, Ayyesha Dara Fayola, Imam Nawawi, Kartin Aprianti, Abdurohim, & Christa Vike Lotulung. (2022). Manajemen Pendidikan. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan , 30(1), 57–66.

Sidiq, U. (2015). Urgensi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan (Implementasi di MAN 3 Yogyakarta). Edukasi, 03(01), 107–125.

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif: Untuk mahasiswa dan praktisi. Erlangga.

Susanto, P. (2015). Produktivitas Sekolah (Teori untuk Praktik di Tingkat Satuan Pendidikan). Alfabeta.

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Andi.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Wheelen, K. E., & Hoffman, A. N. (2012). Strategic management and business policy: Toward global sustainability. Pearson Education.

Wiyani, N. A. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. Aṣ-Ṣibyan:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 25–44.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6879

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara