Penanaman Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Lokal Di PAUD Telkom Kota Ternate (Budaya Tabea)

Fatoni Achmad, Risna Srinawati, Nur Amaliah, Agus Sultoni, Mulyanti Muin

Sari


Perkembangan teknologi yang cukup pesat dan globalisasi dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan karakter, sehingga butuh upaya yang maksimal untuk menguatkan karakter pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai karakter budaya lokal pada budaya tabea dan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya lokal di PAUD Telkom Kota Ternate (Budaya Tabea). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas B dan guru PAUD Telkom Kota Ternate yang dapat memberikan informasi tentang masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai karakter berbasis budaya lokal pada budaya tabea dapat ditanamkan melalui pembelajaran, pembiasaan dan keteladanan. Nilai-nilai karakter yang terdapat pada budaya lokal (budaya tabea) diantaranya yaitu sikap hormat dan santun, kasih sayang dan peduli, baik dan rendah hati, serta toleransi dan cinta damai.

Kata Kunci


Anak Usia Dini; Budaya Lokal; Karakter; Tabea

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, F. (2019). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kepribadian Pelajar di SMAN I Salem. Munaqasyah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.vol3.no2.155-164

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, A. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3(2), 106–109. https://doi.org/10.26418/j-psh.v3i2.3663

Ormrod, J. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Anak Tumbuh Dan Berkembang. Erlangga.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Sugiono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabet.

Sujiono, Y. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.

Sutopo, H. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara