Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui APE Puzzle Pada Usia 4-5 Tahun Di TK Pembina 02 Jambula Kota Ternate

Bahran Taib, Nurhamsa Mahmud, Rita Samad, Sartika Topina

Sari


Abstrak: Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memahami penggunaan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui APE Puzzle pada usia 4-5 tahun di TK Pembina 2 Jambula Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini di
laksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan masing-masing empat tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 anak kelas A TK Pembina 02 Jambula Kota Ternate. Hasil Penelitian yang diperoleh yakni kemampuan
berbicara anak mengalami peningkatan melalui media APE Puzzle pada aspek kelancaran berbicara anak dan artikulasi kata anak. Besar peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata 52.08% pada siklus I dan jumlah nilai rata-rata 81.25% pada siklus II. Oleh karena itu, kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melaui penggunaan media APE Puzzle.


Kata Kunci


Kemampuan Berbicara, APE Puzzle, Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus Setyonegoro. (2013). Hakikat, Alasan, Dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Jurnal Pena, 3(1), 67–80. https://onlinejournal.unja.ac.id/pena/article/view/1451

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru. In Pena Persada.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia, Cetakan I(January 2018), 140.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum (Revisi 201). Rineka Cpita.

Helmi Rahma Wati, & Yulsyofriend. (2019). Stimulasi Kemampuan Berbicara Anak di PAUD Solok Selatan Sejahtera. In Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (Vol. 4, Nomor 2, hal. 51–60). https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-05

Hijriati, H. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 59. https://doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1699

Ningsih, T. (2018). Pengembangan Alat Permainan Edukatif : “Kartu Baca-Ngaji Asyik” Untuk Anak Usia Dini. Istana Agency.

Romlah, R., & Istiarini, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Kahfi Tanah Tinggi

Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 49. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.549

Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283

Saputri, W. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Pada Anak Kelompok A Di TK Bener Yogyakarta. In Proceedings of the National Academy

of Sciences (Vol. 3, Nomor 1, hal. 1–15).




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara