Strategi Pemasaran Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar di TK Wijaya Kusuma

Risbon Sianturi, Yuna Aini Rahmah, Nadya Vegaputri Handiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pendidikan yang diterapkan di TK Wijaya Kusumah Kartika XIX-26. Strategi pemasaran dibutuhkan lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan survei. Kemudian kajian literatur didapatkan dengan menyaring jurnal menggunakan kata kunci strategi pemasaran pendidikan. Proses pendataan dilakukan dengan wawancara terkait pertanyaan mengenai topik yang akan diteliti dan observasi dengan pihak TK Wijaya Kusumah pada tanggal 27 September 2023. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh strategi pemasaran yang diterapkan di TK Wijaya Kusumah bahwa strategi pemasaran pendidikan menggunakan strategi bauran pemasaran. Metode dan strategi yang diterapkan di TK Wijaya Kusumah yaitu melalui metode pemasaran secara langsung dan tidak langsung. Sejalan dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui strategi pemasaran pendidikan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pendidikan sangat penting untuk mengenalkan suatu lembaga sekolah agar dikenal oleh masyarakat luas. TK Wijaya Kusumah dalam pemasarannya sudah baik dan sesuai dengan teori, TK Wijaya Kusumah menggunakan dua metode untuk pemasaran pendidikan yaitu metode secara langsung dan tidak secara langsung.


Kata Kunci


Pendidikan; Strategi; Pemasaran; Minat; PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arinda Mayola, C., Sinta Megasari, D., Dwiyanti, S., & Lutfiati, D. (2021). STRATEGI PEMASARAN MARKETING Journal of MIX PRODUK BULU MATA PALSU ELLASHES.PRO (Vol. 10).

Fajarrini, A., & Ernawati, F. (2020). PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. In Islamic Early Chilhood Education (Vol. 1, Issue 1).

Fradito, A., Suti’ah, S., & Muliyadi, M. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 12–22. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6203

Jannah, N., & Na, dan. (2021). Manajemen Pemasaran Lembaga PAUD pada Masa Pandemi Covid-19. 4(2), 223–234. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12906

Khasanah, A. (2015). PEMASARAN JASA PENDIDIKAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU DI SD ALAM BATURRADEN. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Kristen, U., Wacana, S., Tius, R., Margareta, E., Manajemen, M., Universitas, P., Wacana, K. S., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). K e l o l a Jur n al Ma naj e m e n P e nd id ik a n Magister Manajemen Pendidikan FKIP Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. 1, 1–14.

Kuantitatif, P., Kualitatif, P., Kelas, T., Rukminingsih, P., Pd, M., Adnan, G., Mohammad, A., & Latief, M. A. (n.d.). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN ERHAKA UTAMA YOGYAKARTA. www.erhakautama.com

Mentari, E. G., Purwasih, W., Magister, P., Islam, P., Usia, A., Fakultas, D., Tarbiyah, I., Keguruan, D., Sunan, U., & Abstrak, K. (2018). Manajeman Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta. In Al Athfal (Vol. 1, Issue 1).

Najiha, N., & Munastiwi, E. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Lembaga Sekolah dalam Menarik Peserta Didik Baru Di TK/KB Tahfidz Qolbun Salim. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6846–6855. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3174

Pasigai, M. A., & Pratiwi, Z. (n.d.). Marketing Strategy For Education Service to Increase Stakeholder Trust in TK Kemala Bhayangkari 16 Bantaeng. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability

Pratiwi, I., Munastiwi, E., Islam, U., Sunan, N., & Yogjakarta, K. (2020a). 35-40)  2016 Association of Indonesian Islamic Early Childhood Education Study Program. 5(2).

Pratiwi, I., Munastiwi, E., Islam, U., Sunan, N., & Yogjakarta, K. (2020b). 35-40)  2016 Association of Indonesian Islamic Early Childhood Education Study Program. 5(2).

Said, M. U., Andriana, R., Sanggarwati, A., Tinggi, S., Mahardhika, I. E., & Surabaya, I. (n.d.). EVALUASI STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT PADA MADRASAH MINU TAMBAKSUMUR WARU SIDOARJO.

Sirka Rinta, A., Febriana, D., Wulandari, R., Anggi, N. :, & Rinta, S. (n.d.). STRATEGI PENGELOLAAN PEMASARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.

Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN JASA (PAUD) DALAM MENINGKATKAN MINAT ORANG TUA TERHADAP TK IT AR-RAHMAH BEURAWE SKRIPSI Diajukan Oleh RIDHA AMALIA NIM. 170210116 Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6893

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara