Peran Guru dalam Perkembangan Literasi Pada Anak Usia Dini

Fadila Rahmah, Fauziyah Syarifatul Huriyah, Edi Hendri Mulyana, Qonita Qonita

Sari


Literasi merupakan suatu kemampuan dalam membaca dan menulis untuk memecahkan suatu masalah, memenuhi berbagai kebutuhan individu, mempelajari berbagai informasi baru dan menemukan berbagai kesenangan dalam bentuk kata yang tertulis. Berdasarkan hasil survei Central Connecticut State University (CCSU) pada tahun 2016, dalam World’s Most Literate Nations Ranked tentang pemeringkatan perilaku literasi dan sumber yang mendukung literasi pada 61 negara, menyatakan bahwa negara Indonesia berada pada urutan ke-60 “rendahnya minat literasi pada anak usia dini” jauh berada di bawah negara Malaysia dan Singapore. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui upaya apa saja yang dapat diimplementasikan oleh pendidik atau peran pendidik di sekolah dalam mengoptimalisasikan kemampuan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research yang mana subjek penelitian ini menelaah beberapa artikel yang relevan dan ditujukan untuk anak usia 4-6 tahun. Hasil dari penelitian ini yaitu peran pendidik dalam upaya mengembangkan kemampuan literasi pada anak usia dini dapat mengimplementasikan berbagai strategi atau metode dan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi, diantaranya; penggunaan media big book; media kartu bergambar; mendongeng; media dadu literasi; media science book; dan media digital.

Kata Kunci


Literasi; Guru; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amariana, A. (2012). KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PERKEMBANGAN LITERASI ANAK USIA DINI.

Aspar, M., Mujtaba, I., Mutiarani, & Zulfita Amilia. (2020). Efektivitas Implementasi Mendongeng Terhadap Literasi Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Aulinda, I. F. (2020). MENANAMKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK USIA DINI DI ERA DIGITAL.

Basyiroh, I. (2017). PROGRAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Vol. 3, Issue 2).

Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). PERAN PENDIDIKAN DALAM PROSES PERUBAHAN SOSIAL DI DESA TUMALUNTUNG KECAMATAN KAUDITAN KABUPATEN MINAHASA UTARA (Vol. 12, Issue 4).

Miranda, D., R., M., Linarsih, A., & Amalia, A. (2022). Pengenalan Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3844–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2767

Novianti Edwi. (2020). Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran Literasi dan Perkembangan Literasi. Repository UNPAS, 10–33.

Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598

Rahmah, F., Amalia Kotrunnada, S., & Mulyadi, S. (2023). under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International PENANGANAN SPEECH DELAY PADA ANAK USIA DINI MELALUI TERAPI WICARA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 99–110.

Rahmawati, F., & Nawangsari, N. A. F. (2022). PENGARUH METODE BOTTOM-UP PROCESSES READING DENGAN MEDIA KARTU TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AWAL ANAK USIA DINI THE EFFECT OF BOTTOM-UP PROCESSES READING METHOD WITH CARD MEDIA ON THE EARLY LITERATURE ABILITY OF EARLY CHILDREN. Jurnal Ilmu Psikologi Dan Kesehatan (SIKONTAN) , 1 Nomor 2, 73–82. https://doi.org/10.54443/sikontan.v1i2.364

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(2). https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3316

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2018). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun.

Shalehah, N. A. (n.d.). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.

Wirman, A., & Tanjung, A. (2018). PENGUNAAN MEDIA MOVING FLAHSCARD UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI (Vol. 2, Issue 2).

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.6998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara