Penggunaan Media Puzzle Kereta Api Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini

Maudina Nurhayati Yuniar, Aam Kurnia, Syam'iyah Syam'iyah

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan anak dan belum tersedianya media pembelajaran yang mendukung di Kelompok A RA Al Fajri Sumedang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media puzzle api dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu Kelompok A RA Al Fajri yang terdiri dari 15 anak, 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak setelah menggunakan media puzzle kerta api mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dapat dilihat pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 56, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 64 dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 80. Dengan demikian terbukt bahwa penggunaan media puzzle kereta api dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di Kelompok A RA Al Fajri Sumedang


Kata Kunci


Kemampuan Membaca Permulaan, Puzzle Kereta Api, Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aftika, S. N. (2020). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas I SDN Ragunan 012. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Agustin, I. A. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini Melalui Permainan Papan Logiko Pada Anak Kelompok B TK Firdaus Kecamatan Banjar Negara Kabupaten Banjarnegara Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Anak, 8(1), 50-58.

Aulia. (2012). Mengajarkan Balita Anda Membaca . Yogyakarta: Intan Media.

Ganarsih, A. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendikia, 10(3), 186-195.

Hayati, T. (2013). Pengantar Satatistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.

Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM, 332-342.

Hoar, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelompok B PAUD Baen Husar Kabupaten Belu. Ihya Ulum, 33-26.

Mulyati, S. (2016). PENGARUH MEDIA PUZZLE KERETA API DALAM MENYAMBUNGKAN SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DOWN SYNDROM. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhidayah, S. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar pada Anak Kelompok B TK Yasmida 1 Ambarawa Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Setianingsih, T. S., & Wahyuni, H. (2018). Stimulasi Permainan Puzzle berpengaruh Terhadap Perkembangan Sosial dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 62-77.

Syah, Muhibbin. 2021. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.7028

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara