Dampak Screen Time Berlebih Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Elsa Firda Aprilia, Gusnawirta Thaib

Sari


Periode perkembangan anak usia dini sering disebut periode emas dikarenakan pada masa ini anak akan belajar lebih cepat. Optimalisasi perkembangan anak berperan penting dalam masa ini, salah satunya dengan memberikan stimulasi perkembangan tepat yang diberikan oleh orang tua dan lingkungan. Pada era digital seperti saat ini, teknologi tidak bisa dipisahkan pada aspek kehidupan terutama pada pengasuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak screen time berlebih terhadap perkembangan bahasa anak dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, pada pencarian data di “Schooler, Proquest, Spring, dan DOAJ” dari tahun 2019 hingga 2023. Berdasarkan review yang dilakukan, sebagian besar jurnal penelitian ditemukan korelasi yang negatif antara paparan media elektronik (TV dan gawai) terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Screen time pada anak usia 0-6 tahun sebagian peneliti tidak dapat memprediksi perkembangan bahasa anak. Para peneliti menguji variabel lain yang dapat memengaruhi hubungan screen time dengan perkembangan bahasa anak, pendampingan orang tua dan pendidikan orang tua. Perkembangan bahasa anak usia dini lebih signifikan dipengaruhi oleh interaksi langsung dengan orang tua ataupun keluarga.  


Kata Kunci


Screen time; anak usia dini; perkembangan bahasa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alibrahim, A.,A,R. 2023. The impact of screen time on language development among presschoo;- Age Saudi children. Majmmah University, Majmaah, Riyadh, Saudi Arabia. https://awej.org/the-impact-of-screen-time-on-language-development-among-preschool-age-saudi-children/.

Amalia,dkk. 2019. Hubungan antara pemaparan media layer elektronik den perkembangan bahasa dan bicara. Fakultas kedokteran universitas diponegoro. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/24432/22065.

Collet, M., Gagnière, B., Rousseau, C., Chapron, A., Fiquet, L., & Certain, C. (2019). Case– control study found that primary language disorders were associated with screen exposure. Acta Paediatrica, 108(6), 1103– 1109. https://doi.org/10.1111/apa.14639.

Denney, A. S., & Tewksbury, R. (2013). How to Write a Literature Review. Journal of Criminal Justice Education. https://doi.org/10.1080/10511253.2 012.730617.

Hosani,dkk. 2023. Effects of Excessive Screen Time on Child Development: An Updated Review and Strategies for Management. Middle East Current Psychiatry. https://www.proquest.com/docview/2825541679/fulltextPDF/FEC5A09402704D46PQ/1?accountid=35143.

Kamtini, Kesuma DA, Novitri DM. The Effect of Watching Screen in Children’s Expressive Language Development. IOSR-JRME. 2019; 9(5):39-40.

Lissak, G. (2018). Adverse physiological and psychological effects of screen time on children and adolescents: Literature review and case study. Environmental Research, 164, 149–157. https://doi.org/10.1016/j.envres.2018.01.015

Liu, W., Wu, X., Huang, K., Yan, S., Ma, L., Cao, H., Gan, H., & Tao, F. (2021). Early childhood screen time as a predictor of emotional and behavioral problems in children at 4 years: a birth cohort study in China. Environmental Health and Preventive Medicine, 26(1), 3. https://doi.org/10.1186/s12199-020-00926- w.

Mustonen, R.; Torppa, R.; Stolt, S. Screen Time of Preschool-Aged Children and Their Mothers, and Children’s Language Development. Children 2022, 9, 1577. https://doi.org/10.3390/ children910157.

Muppalla S, Vuppalapati S, Reddy Pulliahgaru A, et al. (June 18, 2023) Effects of Excessive Screen Time on Child Development: An Updated Review and Strategies for Management. Cureus 15(6): e40608. DOI 10.7759/cureus.40608.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika.

Panjeti, N.v & Ranganathan, P (2023). School of Electrical Engineering and Computer Science (SEECS), University of North Dakota, Grand Forks, ND 58202, USA. https://www.proquest.com/docview/2819443375/fulltextPDF/45031BC5587E42F2PQ/5?accountid=35143.

Purwanto, P.N., & Adjie, K.K.E (2017). Korelasi Screen Time Terhadap Perkembangan Berbahasa Anak Usia 2-5 Tahun. Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara.

Raheem,dkk . 2023. Impact of Excessive Screen Time on Speech and Language in Children. https://www.lumhs.edu.pk/jlumhs/Vol22No03/01.pdf.

Streegen B,. Dkk. 2022. Effect of screen time on the development of children under 9 years old : systematic review. 1Graduate School, University of Santo Tomas, Sampaloc, Manila, Philippines 2Center for Health Research and Movement Science, College of Rehabilitation Sciences, University of Santo Tomas, Manila, Philippines. https://jpnim.com/index.php/jpnim/article/view/e110113/873.

Siregar A.Z, N. H. (2019). Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. DEEPUBLISH.

Tan, T. X., Jing, X., & Guan, W. (2023). Young Children’s screen habits: Identifying child and family contributors. Computers in Human Behavior Reports, 10(April), 100284. https://doi.org/10.1016/j.chbr.2023.10 0284.

Utari, R. (2019). Faktor dan Dampak Menatap Piranti Berlayar Berlebih pada Anak Usia Prasekolah di Magelang: Persepsi Orangtua. Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Widyaningrum, Rahma (2022). Dampak screen time berlebih terhadap perkembangan bahasa anak di Posyandu Balita Tunas Mekar Monggang. Program Studi S1 Keprawan, STIKES Madani Yogyakarta.

WHO. (2020). Who guidelines on physical activity and sedentary behaviour.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7113

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara