Upaya Guru dalam Mencapai Kematangan Kemampuan Sosial Emsoional Anak melalui Bermain Peran

Zahira Auladina Solihah, Qonita Qonita, Edi Hendri Mulyana

Sari


Artikel ini bertujuan untuk menggali bagaimana upaya guru dalam mencapai kematangan perkembangan sosial emosional anak usia dini, melalui bermain peran. Kematangan perkembangan sosial emosional dibutuhkan dalam mempersiapkan anak untuk menjalankan pendidikan serta kehidupannya di masa mendatang. Hal tersebut penting dicapai sehingga, kemampuan anak dalam sosial emosional dapat mencapai kematangan sesuai yang dibutuhkan. Dalam menggali hal tersebut, metode yang digunakan penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Dengan perolehan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru di TK yang diteliti sebagai subjek. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian ialah bahwa upaya guru yang dilakukan dalam mencapai kematangan perkembangan sosial emosional dapat mengalami peningkatan pada anak melalui bermain peran. Melalui bermain peran, anak mendapatkan kesempatan dalam belajar lebih berinteraksi, memahami emosi yang diamati, serta melatih kemampuan berkomunikasi serta berinteraksi. Dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mencapai kematangan perkembangan sosial emosional melalui bermain peran dapat memperoleh peningkatan, ditentukan pada teknik yang digunakan guru dalam kegiatan bermain peran, meliputi dalam peran yang dipilih, keterlibatan anak dalam proses kegiatan bermain peran.

Kata Kunci


Anak Usia Dini; Bermain Peran; Sosial Emosional; Upaya Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chasanah, I. (2022). Metode Pembelajaran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Tk Aisyiyah Sidoharjo Klaten. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2). https://doi.org/10.22515/bg.v3i2.3289

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Hidayah, A. N., Diana, D., & Setiawan, D. (2022). Kegiatan Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen. Jurnal Pendidikan, 31(1), 01. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1959

Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial- Emosional Anak. Jurnalpelangi, 1, 87.

Kusumawardhani, I. A., Chandra, A., Sagala, D., & Khasanah, I. (2019). Analisis Kematangan Emosional Anak Ditinjau Dari Usia Masuk TK A. Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–144. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/137-144/2603

Lisardika, A. V., & Murti, H. A. S. (2017). Perbedaan Kematangan Sosial Anak Usia Dini Ditinjau Dari Keikutsertaan Di Taman Penitipan Anak (TPA). Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 89–100. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art7

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Issue July). ALFABETA.

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2019). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311

Wardhana, K. (2022). Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, 1(2), 1–14.

Wati, R. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan Keluarga. Palapa, 8(2), 369–382. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.910




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara