Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Di TK PGRI Tanjung Batu Ogan Ilir
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak usia dini kelompok B di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen ini adalah metode yang mencari pengaruh terhadap sesuatu antara sebab dan akibat yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan jenis Pre Eksperimental Designs dengan design One Group Pretest-Posttest Designs. Populasi penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 14 anak di TK PGRI Tanjung Batu. Observasi dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak usia dini kelompok B. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan peneliti di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, dengan subjek penelitian 14 peserta didik yang dimana tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak pada kelompok B, yang diperoleh thitung = 5,806 sedangkan dk = 14-1=13 dengan taraf 5% sehingga didapat ttabel = 1,245 karena thitung > ttabel (5,806 > 1,245). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak kelompok B di TK PGRI Tanjung Batu, Kebupaten Ogan Ilir. Kegiatan senam irama yang sudah peneliti lakukan tidak berpengaruh di TK tersebut, dimana anak-anak tersebut baru pertama kali melakukan kegiatan senam ini. Hal ini dikarenakan TK tersebut hanya fokus kepada calistung (membaca, menulis dan berhitung) sehingga selama kegiatan penelitian berlangsung anak-anak antusias mengikuti kegiatan penelitian sampai dengan selesai. Kegiatan mengembangkan kemampuan kinestetik anak akan terus dilanjutkan oleh tenaga pendidik di TK PGRI, dimana peneliti sudah memberikan alat dan bahan untuk membantu pendidik dalam mengembangkan kemampuan kinestetik anak usia dini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akmarian, C. (2019). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak TK Kurnia Ilahi Padang Magek Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Skripsi: IAIN Batu Sangkar.
Andun, S. (2021). Peningkatan Kinerja Pendidik PAUD Dalam Pengembangan Kemampuan Kinestetik. Cakrawala Pendidikan, 1(1).
Fitria, Ika. (2019). Menembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Menggunakan Metode Permainan Tradisional Di TK PGRI Sukarame. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini.
Imroatun, K. (2016) Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk Di Tk MelatiIi Glagah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(5), 293.
Iwan, Hemawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method. Hidayatul Quran
Kumala, J.S.E., dkk. (2022). Implementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama Di TK Islam AL-Madina Sampang Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1).
Nanda, R. F. H., dkk. (2020). Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B TK Mustabaqul Khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak.
Nisnayeni. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Melalui Senam Irama Di Taman Kanak-Kanak Bina Umat Pesisir Selatan. Pesona PAUD, 1(1).
Nizzamuddin, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. DOTPLUS Publisher
Nur, A. (2018). Efektivitas Senam Irama Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Azkia Sukabumi Bandar Lampung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Pasaribu, A. M. A. (2022). Buku Ajar Senam Dasar. Insan Cendikia.
Pujiastuti, Nurul. (2017). Pengaruh Kegiatan Senam Fantasi Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Grilayu Maleshi Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Publikasih Ilmiah.
Rifda, E. F. (2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak TK. PT Raja Grafindo Persada.
Seftiana, S. & Marlina S. (2023). Pengaruh Aktivitas Senam Otak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2).
Siti, R., dkk. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama Di TK Permata Bunda Loli Oge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Anak.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7411
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara