Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B Di TK PGRI Tanjung Batu Ogan Ilir

Salsabila Putri, Elsa Cindrya, Nur Laila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kegiatan Senam Irama Terhadap Kemampuan Kinestetik Anak Usia Dini Kelompok B  di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian ini adalah Metode Eksperimen. Metode eksperimen ini adalah metode yang mencari pengaruh terhadap sesuatu antara sebab dan akibat yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan jenis Pre Eksperimental Designs dengan design One Group Pretest-Posttes Designs. Populasi penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 14 anak di TK PGRI Tanjung Batu. Observasi dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak usia dini kelompok B. Belrdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan peneliti di TK PGRI Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, dengan subjek penelitian 14 peserta didik yang dimana tidak telrdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan senam irama terhadap kemampuan kinestetik anak pada kelompok B, yang diperoleh thitung = 5,806 sedangkan dk = 14-1=13 dengan taraf 5% sehingga didapat ttabell = 1,245 karena thitung > ttabel (5,806>1,245). Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh Kegiatan Senam Irama terhadap kemampuan kinestetik anak kelompok B di TK PGRI Tanjung Batu, Kebupaten Ogan Ilir. Kegiatan Senam Irama yang sudah peneliti lakukan tidak berpengaruh di TK tersebut, dimana anak-anak tersebut baru pertama kali melakukan kegiatan senam ini. Hal ini dikarenakan TK tersebut hanya fokus kepada calistung (membaca, menulis dan berhitung) sehingga selama kegiatan penelitian berlangsung anak-anak antusias mengikuti kegiatan penelitian sampai dengan selesai. Kegiatan mengembangkan kemampuan kinestetik anak akan terus dilanjutkan oleh tenaga pendidik di TK PGRI, dimana peneliti sudah memberikan alat dan bahan untuk membantu pendidik dalam mengembangkan kemampuan kinestetik anak usia dini.


Kata Kunci


Pendidikan; Anak Usia Dini; Senam Irama; Kemampuan Kinestetik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmarian Citra. (2019). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak TK Kurnia Ilahi Padang Magek Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, Skripsi: IAIN Batu Sangkar.

Andun Sudijandoko.(2021). Peningkatan Kinerja Pendidik Paud Dalam Pengembangan Kemampuan kinestetik, Cakrawala Pendidikan, Februari 2011, Th. 2021, No. 1.

Imroatun, K. (2016) Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Tradisional Angguk Di Tk MelatiIi Glagah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini edisi 3 Tahun Ke- 52016 293.

Iwan Hemawan. (2019) .Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan

Mixed Method, (Hidayatul Quran)

Kumala, Hena Safira Endah, dkk. (2022). Implementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melaui Kegiatan Senam Irama di TK Islam Al-Madina Sampangan Semarang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 9, No.1.

Nanda Renza Farah Hasibuan Dkk.(2020) Pengaruh Kegiatan SenamIrama Terhadap Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Kelompok B TK Mustabaqul Khoir Palembang,Jurnal Pendidikan Anak.

Nisnayeni. (2013).Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Melalui Senam Irama Di Taman Kanak-Kanak Bina Umat Pesisir Selatan Pesona Paud Volume.1 Nomor.1.

Nizzamuddin, dkk.(2021).Metodologi Penelitian Kajian Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa, (Riau: DOTPLUS Publisher).

Nur Azmi.(2018). Efektivitas Senam Irama Untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Azkia Sukabumi Bandar Lampung, Jurnal Obsesi: PAUD.

Pasaribu Ahmad Muchlisin Almad. (2022). Buku Ajar Senam Dasar (Sumbar : Penerbit Insan Cendikia)

Pujiastuti Nurul. (2017). Pengaruh Kegiatan Senam Fantasi Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 01 Grilayu Maleshi Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017”Jurnal:Publikasih Ilmiah.

Rifda El Fiah.(2020). Perkembangan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak TK, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Fitria ika.(2019). Menembangkan kecerdasan kinestetik anak menggunakan metode permainan tradisional di TK PGRI SUKARAME” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini.

Seftiana Selly dan Marlina Serli .(2023) .Pengaruh Aktivitas Senam Otak Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Assyofa Padang. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia DiniVol. 3, No. 2.

Siti,Rahmawati , dkk. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di TK Permata Bunda Loli Oge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Jurnal Pendidikan Anak.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7411

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara