PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PERWANIDA 1 PALEMBANG

Opi Afrima, Lidia Oktamarina, Nyayu Soraya

Sari


Rendahnya membaca anak mengenal huruf, menyebutkan, mengeja, mengenal bunyi menjadi 1 tujuan. Peneliti mengangkat penelitian yang berjudul Pengaruh Aplikasi Canva Terhadap Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia dini. Jenis dari penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan tes awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi Canva dalam meningkatkan membaca permulaan anak diperoleh thitung = 3,076 sedangkan ttabel = 2.16. Karena thitung > ttabel (3,076 > 2,16), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Perwanida 1 Palembang.


Kata Kunci


Aplikasi; Canva, Membaca Permulaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adharina, D. P. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 760.

Ahmadyani. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readness, 4(2).

Aisya, S., dkk. (2010). Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ari, N. A., dkk. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva, 5(1), 75-84.

Dadan. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Desti, F. M. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Permainan Kartu Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Perintis Desa Karang Rejp Jati Agung Lampung Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Diyah, S., dkk, Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahas Anak Kelompok B1 Di RA Panglima Sudirman Sumber Mekar Dau Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 49.

Yuliani, N. S. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat.

Endah, T. P., & Nurhadi. (2017). Membaca Kritis Dan Literasi. Tanggerang: Tira Smart.

Garris, P. (2020). Pemanfaatan Apiksai Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indoneisa Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasind Unpam, 8(2).

Gita, P. P. H. & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Presentasi Belajar Siswa. 5(4), 2384-2394.

Herliyanto. (2015). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman Dan Minat Baca. Yogyakarta: CV Budi UtaMA.

Ika, P. D., dkk. (2021). Membuat Media Pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. Padang: UNP Press.

Imam, M. (2021). Penguatan Karakter Gemar Membaca, Integritas Dan Rasa Ingin Tahu. Nusa media.

Itta, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Tubokas. Bekasi: Mikro Media Teknologi.

Lesta, S. S. & Siti, F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. 6(1), 1699-1703.

Nurbiana, D. L. F., Gusti Y. & Nany K. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sitti, R. Y., dkk. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK Bagi Guru Di Pesantren Putri Yatama Mandiri. 2(1).

Soetjiningsih. (2013). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.

Suharsimi, A. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yeti, M., dkk. (2017). Bahasa Indonesia. Pemualang: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara