PENGARUH APLIKASI CANVA TERHADAP MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA PERWANIDA 1 PALEMBANG

Opi Afrima, Lidia Oktamarina, Nyayu Soraya

Sari


Rendahnya membaca anak mengenal huruf, menyebutkan, mengeja, mengenal bunyi menjadi 1 tujuan. Peneliti mengangkat penelitian yang berjudul Pengaruh Aplikasi Canva Terhadap Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Perwanida 1 Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia dini. Jenis dari penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan tes awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara aplikasi Canva dalam meningkatkan membaca permulaan anak diperoleh thitung = 3,076 sedangkan ttabel = 2.16. Karena thitung > ttabel (3,076 > 2,16), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aplikasi Canva terhadap membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Perwanida 1 Palembang.


Kata Kunci


Aplikasi; Canva, Membaca Permulaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adharina Dian Pertiwi, “Study Deskriptif Proses Mmembaca Anak Usia Dini” jurnalPendidikanAnak,Vol. 5No.1(Juni2016), h. 760.

Ahmadyani, Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini dalam perspektif analisis reading readness, vol, 4 (2), september 2019.

Ari Nurul Alfian, Mardi Yudhi Putra, Rita Wahyuni Arifin, Agung Barokah, Ahmad Safei, Novan Julian, “ Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva”, vol. 5 No 1 ( januari 2022), halaman : 75-84).

Aisya, Siti,Dkk 2010, Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Universitas Terbuka,

Dadan, Pendidikan Anak Usia Dini ( Teori dan Praktik Pembelajaran ), Padang : UNP Press, 2018

Desti Fepiyanda Mezu, Mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf anak usia 5-6 tahun di PAUD perintis Desa Karang Rejp Jati Agung Lampung Selatan, (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020)

Dr. Yuliani Nuraini Sujiono, M.Pd. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat.

Diyah Safitri, dkk, “Penggunaan Media Busy book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahas Anak Kelompok B1 Di RA Panglima Sudirman Sumber mekar Dau Malang” Jurnal IlmiahPendidikanIslam AnakUsiaDini,Vol. 1No.2(Tahun2019), h. 49.

Endah Tri Priyanti, Nurhadi, Membaca Kritis dan Literasi (tanggerang :Tira Smart : 2017)

Garris Pelangi, Pemanfaatan apiksai canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra indoneisa jenjang SMA/MA, Jurnal Sasind Unpam, Vol8, No2, Desember2020.

Gita Permata Puspita Hapsari, Zulherman “ Pengembangan Media VideoAnimasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi dan Presentasi Belajar Siswa”, vol 5 No 4 tahun 2021 hal, 2384-2394.

Itta Muyassyaroh, M.Pd, peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media tubokas, ( Mikro media teknologi : bekasi, 2022) hal 1

Imam musbikin, penguatan karakter gemar membaca, integritas dan rasa ingin tahu, ( Nusa media : 2021) hal 18

Ika Parma Dewi S.Pd.M.Pd.T,Dkk, membuat media pembelajaran inovatif dengan aplikasi articulate storyline 3, ( UNP Press, Padang, 2021). Hal 122

Herliyanto, “ Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman dan Minat Baca” (Yogyakarta : CV BUDI UTAMA, 2015)

Lesta Septia Sari, Siti Fatonah, pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi canva terhadap motivasi hasil belajar IPA siswa kelas IV, Vol6 nomor 1 tahun 2022 hal, 1699-1703.

Nurbiana Dhieni Lara Fridani, Gusti Yarmi. & Nany Kusniaty, Metode Pengembangan Bahasa, ( Jakarta: Universitas Terbuka,2008), h.14

Sitti Rahma Yunus,Dkk, Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Sebagai Upaya Memaksimalkan Implementasi Pendekatan TPACK Bagi Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri, vol, 2 no 1 ( april 2022).

Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2010),

Soetjiningsih, Tumbuh Kembang Anak, ( Jakarta : EGC.2012), h. 237) Tim Penyusun Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Pedoman Penelitian Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2013), h. 66.

Yeti Mulyati, dkk, Bahasa Indonesia, ( Pemualang : Universitas Terbuka 2017) hal, 55




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara