Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Melukis Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini RA Fatimah Palembang

Ummi Umayroh, Elsa Cindrya, Tutut Handayani

Sari


Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Melukis Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Ra Fatimah Palembang. Adapun permasalahan penelitian ini ialah adakah pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia dini di RA Fatimah Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan perkembangan motorik halus dengan penerapan model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis pada anak usia dini di RA Fatimah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design jenis one group pretest and posttest design (satu kelompok subjek). Metode penelitian ini digunakan karena peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran kontekstual terhadap motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan melukis. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 22 orang anak 8 anak perempuan dan 14 orang anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kontekstual melalui kegiatan melukis terhadap perkembangan motorik halus anak sangat baik karena dengan model pembelajaran kontekstual anak dapat menerima pengetahuan secara nyata dalam mengembangkan motorik halusnya dengan kegiatan melukis dengan cara anak diberikan kesempatan untuk mengekspresikan apa yang anak pikirkan ke dalam sebuah lukisan yang dibuat.


Kata Kunci


Motorik Halus; Melukis; Model Pembelajaran Kontekstual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Afandi, 2019. Pendidikan Dan Perkembanagan Motorik, Ponorogo: UAIS Inspirasi Indonesia, Hal.63

Anindya Kusumastutu Sinarya, 2018. Implementasi Model Pembelajara Kontekstual Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 2 Gatak Suoharjo, Hal.3

Anggraini, D. 2018. Mengembangkan Kemempuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Raudatul Aneli Sukabumi Bandar Lampuang.

Aryani, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang AnaktheImportance Of Childhood Education For Child Develovmant.Jurnal Dinaika Pendidikan Dasar. Vol. 8. No 1. Hal 50-58.

Dema Yulianto, Titis Awalia, 2017. Meningkatkan Kemampusn Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Montase. Jakarta.

Dewi Susilawati. 2018. Tes Dan Pengetahuan Pengukuran. Jawa Barat: Upi Sumedang Press. Hlm 11

Ellisabeth B Hurlock, 2000. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Hlm 150

Endang Sri Handayani, Dkk. 2021. Peningkatan Krativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Memanfaatkan Bahan Bekas, Vol. 4 No. 2, Hal 96.

Hadjar Pamadhi, Evan Sukardi. 2018. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Janice j. beaty, 2008. Observasi anak usia dini, Jakarta: kencana. Hlm 236

Kurniawati Setiyaningsih, Dkk. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Menggunakan Bubur Kertas Pada Kelompok B Tk Kartika Iii-4 Demak, Artikel Penelitian. Hal 21

Lislie, A Baker. 1979. The Art Teacher’s Resource Book. Virginia: Reston Publishing Company.

Martono, 2017. Pembelajaran Seni Lukis Anak Untuk Mengembangkan Imajinasi, Ekspresi, Dan Apresiasi.

Marjono Dan Suyatno, 2014. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar Pada Anak Di Kelompok A.

Mulyasa, 2017. Strategi Pembelajaran Paud, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, Hal 97-98.

Netty Herawati, Dkk. 2018. Prosiding Seminar Nasional Memaksimalkan Peran Pendidik Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Investasi Bangsa. Universitas PGRI Rogolawe. Hlm 23

Nurlin, N., Yuliani M,S. Dan Yusuf, H. 2018. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis. Jurnal Reset Golden Age PAUD UHO, Vol.1 No.3. Hal 210.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta. Hlm 8

Suharsimi Arikunto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prektik. Jakarta: Rineka Cipta. Hlm 274

Sri Handayani, Zuhairi, N,H. 2019.Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Barat Melalui Lukisan Teknik Kolase 1. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No1, Hal 56-63.

Trianto, 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas. Jakarta: Pustaka Publisher, Hal 6.

Trianto, 2018. Mendesain Pembelajaran Kontekstual Dikelas. Jakarta: Pustaka Publisher.

Wahyuni, R. Dan Erdiyanti. 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Pinger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. No 1. Hlm 30

Watini, S, Dkk. 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B, E-Jurnal PGPAUD. Hlm 4




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara