Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir

Enda Trisia, Indah Dwi Sartika, Ali Murtopo

Sari


Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun yang menjadi permasalahan di dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis didapatkan setelah dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis hasil penelitian. Hasil analisis data dalam pembuktian uji hipotesis diperoleh thitung = 34,39 sedangkan dk = 15 + 15 – 2 = 28 dengan taraf nyata 0,025 sehingga didapat ttabel = 2,145. Sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode inquiry terhadap kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelas A PAUD Berlian Desa Suka Damai Kecamatan Pangkalan Lampam.

Kata Kunci


Metode Inquiry; Kemampuan Mengenal Bilangan; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambar Wiyati, 2021. ’’Model Pembelajaran Inquiry Guna Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Dengan Media Daun Dimasa Pandemi’’. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (PIJAR), Vol. 5 No. 2 Taman Kanak-kanak Negeri 1 Bambanglipuro Bantul D.I.Y.

Djaali, 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta TImur: PT Bumi Aksara,

Echols, J. M. dan Shadily, H. 2005. Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT. Gramedia .

Farida Rohayani. 2021. ’’Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.’’ Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak, vol.3 No 1. (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Megajar. Jakarta: PT. Gransindo,

Jihan, Asep, 2009. Media Pengajaran, Jakarta: PT. Raya Granfindo Persadda.

Kostelnik, M. J., et al. 1999. Developmentally Appropriate Curriculum. Upper Saddle River: Prantice-Hall.

Mayke S. 2001. Tedjasaputra, Bermain, Mainan, Permainan, Jakarta: PT. Grasindo.

Mayke S. Tedjasaputra, 2001. Bermain, Mainan, Permainan, Jakarta: PT. Grasindo.

Nur Hayati dan Ruqoyyah Fitri, 2022. “ Meingkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi Pada Anak Kelompok Bermain,” Jurnal PAUD Teratai Vol.5 No.3.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: 2014

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. No. 137 Tahun 2014.

Putri Maulida Hasanah, dkk. 2021. ’’Analisis Faktor Peyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya.’’ Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 7 No 1. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Sriningsi, N. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. (Bandung: Pustaks Sebelas,

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidik), Bandung: Alfabeta,

Trowbidge, L,. W,. Bybee, R. W. dan Sund, R. B. 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher (3rd ed). Colimbus, O: A. Bell dan Howel Company, 1990.

Ujang Khiyarusoleh. 2020. ’’Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget.’’ Jurnal Dialektika Jurusan PGSD. Vol 5 No 1, (Dosen Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Umayah, dkk. 2021. ’’Penggunaan Balok Cuiseniare Untuk Media Pengenalan Bilangan Bagi Anak Usia Dini,’’ Jurnal Intersections, Vol 6 No 1, Banten: Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Yuliani Nurani Sujiono, 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara