Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Pengembangan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Cermat
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alifya, N. D., Afifah, N. A., Aulia, S. P., Aini, N. Q., & Hasanah, L. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Melipat Dalam Mengembangkan Motorik Halus di Raudlatul Athfal Said Yusuf. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 101–111.
Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Tembong 2. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 1–5.
Apriyani, Y., Parjo, & Ramadhaniyati. (2015). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Naskah Publikasi, 1–10.
Arzani, M., & Marzoan, L. (2020). Meningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Dewi Kayangan Tahun Pelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 299–308. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1456
Astuti, E. S., Wahyuningsri, & Warastuti, W. (2014). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 233–237.
Azizah, I., & Jabar, C. S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1733–1744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4194
Bahfen, M., Khaerunnisa, Hadi, M. S., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2020). Improving Number Ability Through Demonstration Method in Children Aged 4–5 Years. Proceedings of the 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 1099–1101.
https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.230
Cecep, C., Waskita, D. T, & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313
Elviana, F., Fakar, A., & Bulan, A. (2020). Pendidikan Karakter dan Pengajaran dengan Metode Demonstrasi Untuk Kemajuan Belajar Generasi Millenial. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 1(1), 702–706.
Hardianti, H., Tahir, M. R., & Kusyairy, U. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Salat Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.18116
Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(3), 1–13.
Isniarum, S., Indarto, W., & Febrialismanto. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Jasmiina Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1–14.
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2021). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676–685. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683
Latifah, K., & Habib, Z. (2014). Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6375
Lestari, K. F., & Setiawan, M. (2022). Efektivitas Bermain Origami Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Skolastik Keperawatan, 8(2), 133–138. https://doi.org/10.35974/jsk.v8i2.2970
Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mulyadi, Y. B., Suryameng, S., & Sarayati, S. (2022). Pelatihan Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK Sinar Mentari. JPPM: Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 43–52. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.2032
Nurmaniah, N., & Damayanti, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat. Jurnal Diversita, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1601
Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Indigenous: Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 88–99.
Revormis, R., & Saridewi, S. (2022). Teacher’s Strategies in Developing 5-6 Years Old Kindergarteners’ Fine Motor Skills: A Study in Pesisir Selatan, West Sumatra, Indonesia. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.81
Santi, N., Aimanun, Mardianto, & Anas, N. (2021). Prinsip dan Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Islamic Education, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.73
Silalahi, S. S. (2019). Efektivitas Metode Demonstrasi dan Media Video Tentang Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.
Sumirah, S., Binari, S., Musli, & Miftahuddin, M. (2022). Metode Pembelajaran Demonstrasi Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(2), 397–412. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i2.165
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Aktivitas Origami dengan Metode Demonstrasi Pada Anak-Anak Kelompok B di TK Bina Nusantara. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1–6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p1-6
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7481
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara