Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Pengembangan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di TK Cermat

Awanda Erna, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Bafadal

Sari


Kemampuan konsentrasi merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak yang dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran dan pencapaian prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya yang dapat meningkatkan kemampuan belajar pada anak usia dini di TK Cermat, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak adalah penggunaan metode demonstrasi melalui media origami. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu observasi, wawancara serta program intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan demonstrasi dengan menggunakan media origami dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini di TK Cermat. Ditemukan peningkatan dalam kemampuan anak untuk mempertahankan fokus perhatian, mengikuti petunjuk, dan menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien.

Kata Kunci


Anak Usia Dini; Konsentrasi Belajar; Demonstrasi; Origami

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alifya, N. D., Afifah, N. A., Aulia, S. P., Aini, N. Q., & Hasanah, L. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Melipat Dalam Mengembangkan Motorik Halus di Raudlatul Athfal Said Yusuf. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 9(2), 101–111.

Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Tembong 2. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 1–5.

Apriyani, Y., Parjo, & Ramadhaniyati. (2015). Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Naskah Publikasi, 1–10.

Arzani, M., & Marzoan, L. (2020). Meningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri Dewi Kayangan Tahun Pelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 299–308. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1456

Astuti, E. S., Wahyuningsri, & Warastuti, W. (2014). Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 233–237.

Azizah, I., & Jabar, C. S. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1733–1744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4194

Bahfen, M., Khaerunnisa, Hadi, M. S., Madyawati, L., & Sulistyaningtyas, R. E. (2020). Improving Number Ability Through Demonstration Method in Children Aged 4–5 Years. Proceedings of the 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 1099–1101.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.230

Cecep, C., Waskita, D. T, & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313

Elviana, F., Fakar, A., & Bulan, A. (2020). Pendidikan Karakter dan Pengajaran dengan Metode Demonstrasi Untuk Kemajuan Belajar Generasi Millenial. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 1(1), 702–706.

Hardianti, H., Tahir, M. R., & Kusyairy, U. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Salat Pada Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.18116

Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(3), 1–13.

Isniarum, S., Indarto, W., & Febrialismanto. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Jasmiina Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1–14.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2021). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676–685. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.683

Latifah, K., & Habib, Z. (2014). Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.18860/psi.v11i1.6375

Lestari, K. F., & Setiawan, M. (2022). Efektivitas Bermain Origami Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Skolastik Keperawatan, 8(2), 133–138. https://doi.org/10.35974/jsk.v8i2.2970

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55–60. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyadi, Y. B., Suryameng, S., & Sarayati, S. (2022). Pelatihan Seni Melipat Kertas Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK Sinar Mentari. JPPM: Jurnal Pelayanan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 43–52. https://doi.org/10.31932/jppm.v1i2.2032

Nurmaniah, N., & Damayanti, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Demonstrasi di PAUD Binika Desa Sukaramai Kab. Langkat. Jurnal Diversita, 4(1), 52–57. https://doi.org/10.31289/diversita.v4i1.1601

Nuryana, A., & Purwanto, S. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Indigenous: Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 88–99.

Revormis, R., & Saridewi, S. (2022). Teacher’s Strategies in Developing 5-6 Years Old Kindergarteners’ Fine Motor Skills: A Study in Pesisir Selatan, West Sumatra, Indonesia. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.35719/gns.v3i1.81

Santi, N., Aimanun, Mardianto, & Anas, N. (2021). Prinsip dan Pengembangan Media IT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Islamic Education, 1(2), 74–82. https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.73

Silalahi, S. S. (2019). Efektivitas Metode Demonstrasi dan Media Video Tentang Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Sumirah, S., Binari, S., Musli, & Miftahuddin, M. (2022). Metode Pembelajaran Demonstrasi Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(2), 397–412. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i2.165

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Valentina, F., Wulandari, E., & Nuraeni, L. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Aktivitas Origami dengan Metode Demonstrasi Pada Anak-Anak Kelompok B di TK Bina Nusantara. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(4), 1–6. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p1-6




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7481

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor