Hubungan Program Parenting Dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Runiah School Makassar

Ria Nofanti S Lungka, Heriana Heriana, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Bafadal, Rusmayadi Rusmayadi, Djadir Djadir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan program parenting dengan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK Runiah School Makassar. Menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah anak di kelompok B TK Runiah School Makassar. Sampel yang berjumlah 16 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan pengambilan angket. Adapun hasil penelitian ini parenting dengan gaya pengasuhan demokratis dengan jumlah persentase tertinggi pada indikator tanggung jawab terdapat 8 anak berkembang sangat baik (80%), 2 anak berkembang sesuai harapan (20%). Indikator sikap prososial 9 anak berkembang sangat baik (90%), 1 anak berkembang sesuai harapan (10%), dan indikator kesadaran diri 9 anak berkembang sangat baik (90%), 1 anak berkembang sesuai harapan (10%). Dan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara program parenting dengan perilaku sosial anak, terbukti pada pola asuh demokratis terdapat 80-90% anak kategori berkembang sangat baik dengan kontrol dan perhatian orang tua yang seimbang. Pada pola asuh demokratis, anak cenderung diberi kebebasan berpendapat, dan didengarkan. Program parenting di sekolah membangun kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua, dengan program parenting orang tua serta mendapati pengetahuan baru seputar pendidikan dalam pengasuhan melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan.


Kata Kunci


Program Parenting; Perilaku Sosial; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriana, Nhimas Galuh., Zirmansyah. (2018). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal Audhi, 1(1).

Bachtiar, M. Y. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal anak kelas A taman kanak-kanak Buah hati kota makassar. Awlady: jurnal pendidikan anak, 3(2).

Herman., Rusmayadi. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak di Kelompok B2 TK Aisyihah Maccini Tengah. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan dan Pembelajaran, 2(1).

Herminastiti, Dkk. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Instruksional, 1(1).

Lesmini, B. S. S. A. E. S. & R. F. P. (2022). Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(2).

Lestari Ni Gusti Ayu Made Yani. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Di Paud. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Musi, M. A., Rusmayadi, & Bachtiar, Y. (2019). Development of creative game models through natural media. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5 special edition.

Perlina, Piping., Nurhafizah. (2020). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Dalam Aspek Kerjasama Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.

Rahayu Tresna Dewi, A., Mayasarokh, M., Gustiana, E., &, P. (2020). Perilaku Sosial Emosional. Jurnal Golden Age, 4(1).

Sunarty, Kustiah. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Est, 2(2).

Utami, Fadilah. (2021). Pengasuhan Keluarga Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7546

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor