Analisis Kemandirian Dan Disiplin Pada Kegiatan Rutin Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Alkhairat Skeep

Bahran Taib, Nurhamsa Mahmud, Rita Samad, Rosita Wondal, Darmawati Darmawati, Sarmija Banapon

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemandirian dan disiplin pada kegiatan rutin bagi anak usia 4-5 tahun di PAUD Alkhairaat Skeep. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru wali kelas dan peserta didik kelas A di PAUD Alkhairaat Skeep. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang kemandirian dan disiplin pada kegiatan rutin di PAUD Alkhairaat skeep, dapat disimpulkan bahwa: 1). Kemandirian: Guru membiarkan anak melakukan segala sesuatu atau aktivitas dengan cara mandiri, memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas di kelas secara mandiri, seperti membuka sepatu, meletakan tas, makan dan mencuci tangan sendiri. 2). Disiplin: Guru memberikan pembiasaan yang berulang kali kepada anak. Dengan metode ini, anak dapat mengingat kegiatan yang sering dilakukan di sekolah dan dapat membantu meningkatkan daya ingat anak. Jika anak mengalami kesulitan atau kebingungan, guru dapat memberikan bimbingan dan pelatihan tambahan.


Kata Kunci


Kemandirian; Disiplin; Kegiatan Rutin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie, 2004. 101Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Bachrudin Mustafa, Novan, Bina Karakter Anak Usia Dini. Arr- Ruzz Media: Yogyakarta, 2013 Pres, 2012

Einon, D. 2006. Learning Early: Panduan Perkembangan Mental dan Fisik Buah Hati Anda. (Alih bahasa: Fita Fitria Agriningrum). Jakarta Timur: Dian Rakyat.

Fadlillah, M & Khorida, L.M. 2013.Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya Dalam Paud. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslimah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Linda & Ricard Eyre. 1997. Mengajarkan Nilai-nilai Kepada Anak. (Alih Bahasa: Alex Tri K.W). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mulyaningtyas, 2007.Bimbingan dan Konseling. Jakarta PT Gelora Aksara Pratama

Mufidah, U. 2013. Efektivitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini.Skripsi. Semarang: UNNES.

Nugraha, A & Rachmawati, Y. 2008. Modul 7: Cara Terpadu Pengembangan Sosial Emosional Anak Dalam Palupi. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Papalia, 2008. Human Development: Psikologi Perkembangan Edisi Kesembilan.Jakarta: Kencana.

Susyanto, S. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Siahaan, Rugun. 1991. Disiplin Kerja Iklim Sekolah dan Hubungannya dengan Motivasi Guru. Thesis. IKIP Padang.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: remaja Rosdakarya

Tim Pusaka Familia. 2006.Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri. Yogyakarta: Kanisius.

Wantah, M.J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yamin, 2010.Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta: GaungPersada Press.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7554

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara