Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Audio Visual Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Kelompok B TK Adinda Tarakan

Andi Hidayah Insani, Usman Bafadal, Sitti Nurhidayah Ilyas, Asisah Amal, Ade Armansa

Sari


Penyusunan artikel ini ditujukan guna terjadinya peningkatan kemampuan bicara anak kelompok B TK Adinda dengan teknik bercerita yang memakai Audio Visual. Pendekatan yang dipakai pada riset ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Lima belas anak digunakan pada riset ini. Dalam penelitian ini, data terkumpul dengan pengamatan. Metode analisis data yang dipakai yakni analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak tumbuh dan berkembang dengan bantuan metode narasi melalui pemakaian bahan mengajar Audio Visual pada pra siklus, siklus I serta siklus II.


Kata Kunci


Metode Bercerita; Bahan Ajar Audio Visual; Kemampuan Berbicara

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad. (2011). Bahan Ajar Pembelajaran. Angkasa: Bandung

Jahja. (2011). Psikologi Kemampuan. Pranada Bahan Aar Group: Jakarta

Nilawati. (2019). Kemampuan Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Bahasa Anak. Skripsi. Universitas Negeri Raden Intan Lampung: Lampung

Suhartono. (2005). Kemampuan Berbicara. Angkasa: Bandung

Yusuf. (2007). Kemampuan Bahasa Anak. Erlangga: Jakarta Timur




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor