Implementasi Aspek Moral Agama Terhadap Perkembangan Karakter Anak Di Kelompok B TK Runiah School Mariso Kecamatan Mariso

Hanisa Buabara, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Bafadal, Rusmayadi Rusmayadi, Djadir Djadir, Azizah Amal

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi aspek moral agama dan dampaknya terhadap perkembangan karakter anak di Kelompok B TK Runiah School Mariso Kecamatan Mariso. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang digunakan yaitu deskriptif lapangan digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana nilai aspek dari moral agama diterapkan dalam konteks pendidikan anak usia dini di sekolah tersebut. Data disatukan melalui observasi, wawancara dengan pendidik, dan orang tua anak-anak, serta analisis dokumen seperti kurikulum pendidikan agama dan catatan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aspek moral agama memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan karakter anak, termasuk pembentukan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Faktor-faktor seperti kontribusi orang tua, partisipasi aktif dalam aktivitas keagamaan, dan teladan yang ditetapkan oleh pendidik sangat berpengaruh peran penting dalam membentuk karakter anak. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan karakter yang holistik dan kolaboratif antara pihak lembaga sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan karakter anak yang bertanggung jawab dan bermoral. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan kemanfaatan dalam pemahaman lebih lanjut tentang peran moral agama dalam pendidikan anak usia dini dan memberikan dasar untuk perbaikan praktik pendidikan karakter di TK Runiah School Mariso serta institusi pendidikan serupa lainnya.

Kata Kunci


Anak Usia Dini; Aspek Moral Agama; Perkembangan Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, Y. H. (2022). Meningkatkan Perkembangan Moral Aspek Kontrol Diri Terhadap Kebersihan Lingkungan Melalui Bakti Sosial Pada Anak-Anak Di Rusun Griya Tipar Cakung. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 150–157. https://doi.org/10.47776/praxis.v1i2.635

Amrindono, A., & Nuraya, N. (2021). Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i1.76

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Atira, Nurhidayah Ilyas, S., & Rusmayadi, R. (2021). Pengaruh Kegiatan Melukis Menggunakan Bahan Bekas Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 213–221. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1316

Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013

Indayani, N. F., Rusmayadi, R., & Musi, M. A. (2022). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1876

Jenifert Heru Siswanto, & Yusak Tanasyah. (2021). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Berdasarkan Teori Thomas Lickona. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU). https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v1i1.77

Jurnal, W., Harahap, D., Dakwah, F., Komunikasi, I., Syekh, U., Hasan, A., … Padangsidimpuan, D. (2022). Jurnal Bimbingan Konseling Islam Studi Kasus Dalam Aspek Perkembangan Moral Remaja. Jurnal IAIN Padangsidimpuan, 4, 301.

Mongkek, M. F., Ngura, E. T., & Rewo, J. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Anak Sebagai Bahan Ajar Untuk Perkembangan Aspek Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Satap Rutosoro. PAUDI: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 88–94. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4814

Munawwarah, H., & Maemonah. (2021). Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 5(02), 71–82.

Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan Teori Pendidikan Karakter. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.675

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Tri Na’imah. (2012). Pendidikan karakter: Kajian dari Teori Ekologi Perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara