Peran Lingkungan Dalam Pengembangan Bahasa AUD
Sari
Peran lingkungan merupakan sebuah wadah dalam proses perkembangan keterampilan bahasa dan bicara anak, karena lingkungan bagian dari interaksi anak dalam proses perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran lingkungan dalam pengembangan bahasa anak. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literatur atau studi kepustakaan. Sumber yang diambil dari berbagai macam literatur baik jurnal, artikel maupun penelitian terdahulu serta sumber internet lainnya. Hasil dalam penelitian ini menunjukan hasil bahwa peran lingkungan dalam pengembangan bahasa dapat melatih anak dengan mengenalkan kata-kata sapaan yang baik dan benar dalam berkomunikasi, mengajak anak dalam mengenal benda-benda yang ada di sekitarnya, menerapkan pola asuh demokratis, pengembangan mengintegrasikan kemampuan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, pengembangan kemampuan mengekspresikan diri sendiri.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.
Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2), 265–282.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun Di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1015
Laila, A. N. (2013). Peran Lingkungan Terhadap Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Mu’adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 70–80. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.72-89
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26.
Oktaviani, M., Novitasari, W. A., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(2), 153–163. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/JKKP.082.04
Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Pelangi, 4(1), 103–122.
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Rizkiani, A., Evia Darmawani, & Padilah. (2022). Keterampilan Berbicara Anak Dengan Gangguan Bahasa Ekspresif. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 1–13. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9149
Wayan Risna Dewi, N., & Putu Yoga Purandina, I. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Smart Paud, 5(2), 99–106.
Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7605
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara