Peningkatan Konsep Bilangan Melalui Video Pembelajaran Interaktif Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Ahrissa Syadina Takalar

Ilmi Tahirah, Tasrif Akib, Intisari Intisari, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Usman, Fadhilah Fadhilah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep bilangan melalui video pembelajaran interaktif anak usia 4-5 tahun di PAUD Ahrissa Syadina Takalar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan konsep bilangan melalui video pembelajaran interaktif anak usia 4-5 tahun di PAUD Ahrissa Syadina Takalar. Metode penelitian  yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini dilaksanakan tindakan siklus I dan siklus II, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan begitu pula dengan siklus II. Subjek penelitian yaitu 9 anak didik usia 4-5 tahun di PAUD Ahrissa Syadina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan konsep bilangan anak usia  dini dapat berkembang melalui penerapan video pembelajaran interaktif. Observasi awal menunjukkan 32,14% artinya berada pada tingkat perkembangan BB (Belum Berkembang) setelah dilakukan tindakan siklus 1 meningkat menjadi 46,87% yang artinya berada pada tingkat perkembangan MB (Mulai Berkembang), setelah dilakukan siklus 2 maka peningkatan menunjukkan 74,55% yang artinya berada pada tingkat perkembangan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan telah mencapai indikator keberhasilan pada penelitian ini.

Kata Kunci


Konsep Bilangan; Video; Pembelajaran Interaktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139

Haryani, C. (2014). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Doctoral Dissertation,.

Khotimah, S. K., Rahmawati, E., & Susmarini, D. (2019). Efektivitas Metode Video dan Demonstrasi terhadap Kangaroo Mother Care Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.19048

La-sule, S., Wondal, R., & Mahmud, N. (2021). Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilanganpada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 23–35. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2130

Mokoginta, H., Sojow, L., & Manggopa, H. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 220–226. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i3.1337

PRATIWI, A. D. (2020). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kelompok A1 Di Tk Bina Anaprasa Nuris Jember 2019/2020. Repository.Unej.Ac.Id. https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99198%0Ahttps://repository.unej.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/99198/Afrisca Dian Pratiwi-150210205083_.pdf?sequence=1&isAllowed=y

R, R. K. (2022). Model Pembelajaran Numerasi Berbahan Alam Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Awal Di Tk Hajar Aswad Makassar. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1484

Rohmalina, R., Aprianti, E., & Lestari, R. H. (2020). Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1409–1418. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.805

Roliana, E. (2018). Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Shafa, A. F., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Geogebra Materi Program Linear Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika.

AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1127. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4882

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Yeo, R. (2004). ‘ A Philosopher and his Notebooks : John Locke ( 1632-1704 ) on Memory and Information .’ May.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7608

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor