Analisis Pola Interaksi Guru Dalam Membangun Karakter Kemandirian Anak Usia dini
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi guru dalam membentuk karakter kemandirian pada anak usia dini melalui tinjauan literatur. Kemandirian merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang memengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan dan mengambil inisiatif secara mandiri. Melalui analisis terhadap literatur yang relevan, artikel ini mengidentifikasi berbagai pola interaksi guru yang efektif dalam membantu anak usia dini membangun karakter kemandirian. Data yang diperoleh dari literatur akan dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi pola-pola interaksi guru dalam membentuk karakter kemandirian pada anak usia dini. Dari hasil tinjauan literatur ini, dapat disimpulkan bahwa interaksi antara guru dan anak usia dini memainkan peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter kemandirian. Pola-pola interaksi yang efektif dan edukatif, seperti memberikan dukungan, memberikan tanggung jawab, dan membangun hubungan yang positif dengan anak-anak, memiliki dampak yang signifikan dalam membantu anak-anak mengembangkan kemandirian. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan praktisi dalam merancang strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan kemandirian anak usia dini.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28.
Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran AL-Ghazali. Ar-Raniri, 13(1), 28–41.
Aslamiah. (2021). Pengelolaan Kelas (A. Suriansyah (ed.)). Raja Grafindo Persada.
Efendi, J. (2021). Pembentukan Karakter Anak Sejak Usia Dini Di Paud. .kemdikbud.go.id.
Fatmawati. (2016). Peran Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Islam bagi Remaja. Risalah, 27(1), 17–31.
Gusdiana, W. (2020). Fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sultan syarif kasim riau pekanbaru 1441h/2020.
Husna, A., Kasim, J., Fitria, N., Jannah, N., & Asrifatil, A. (2023). Penerapan Permainan Outdoor Untuk Meningkatkan Kemampuan Jati Diri Anak. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, 1(2), 74 / 82.
Kumalasari, D. A. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Tk Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Univesitas Negri Semarang.
Mualif, M. (2021). Pola Interaksi Antara Guru Dengan Siswa Pada Mata Pelajaran Pai di Smp N 2 Randudongkal. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3(1), 65.
Ngatiman, & Ibrahim, R. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 219.
Pratiwi, I. A. P. N., & Tirtayani2, L. A. (2021). Pola Interaksi Guru dan Orang Tua dalam Penerapan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 326.
Rizki, K. (2020). Interaksi Edukatif Antara Guru dan Anak dengan Perilaku Insecure di TK. Unimed.
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2019). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru dan Orang Tua. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 121.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sekarini, S. (2022). Kejadian Stunting Pada Balita Ditinjau Dari Karakteristik Umur Dan Jenis Kelamin. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 12(1), 8–12. https://doi.org/10.37413/jmakia.v12i1.186
Umairoh, S., & Ichsan, I. (2019). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 157–164. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-02
Yahzanuna, A. U. W., Adib, Rohmah, K., & Wiradimadjac, A. (2022). Pola Interaksi Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. EDUEKSOS: The Journal of Social and Economics Education, 11(1), 46.
Yasin, M., & Nasution, F. R. (2022). Pola Interaksi Sosial Guru Terhadap Murid Kelas XI di SMK Negeri 1 Muara Wahau. SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(3), 300.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.7623
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara