Pengaruh Penggunaan Murottal Al Quran Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al Hikmah Kota Pagar Alam
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan murottal Al-Qur’an terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain one-group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B1 di TK Al-Hikmah Kota Pagar Alam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan pre-test dan post-test serta analisis terhadap seluruh hasil penelitian, diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,311 dan t-tabel sebesar 2,145. Karena t-hitung > t-tabel (3,311 > 2,145), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan murottal Al-Qur’an terhadap perkembangan emosional anak usia 5–6 tahun di TK Al-Hikmah Kota Pagar Alam.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ananto, M. C., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2).
Atik, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Sembadak Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 3(3).
Azzahid, A., Muliadi, & Rismanto, F. (2022). Terapi Audio Murotal Al-Qur’an Terhadap Emosi Anak Autis (Studi Kasus SD Plus Al-Ghifari). Jurnal Riset Agama, 2(1).
Dewi, N. N. D. P. T. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Jurnal For Lesson And Learning Studies, 3(3).
Dewi. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal For Lesson And Learning Studies, 3( 3).
Goleman. (2007). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Iqlima, I. R. (2019). Pengaruh Murottal Al-Qur’An Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A Di TK Islam An-Nur Bungur Karangrejo Tulungagung, (unpublished Skripsi). UIN Satu Tulung agung.
Mahyuddin, N. (2023). Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta : Deepublish
Nugroho, P . I., & Cahyaningtyas, M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1).
Rahman, A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 2(1).
Ratnasari, S. L. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Di Kota Batam. Jurnal NCF, 4(4).
Riyadh, S. (2016). Metode Tepat Agar Anak Hafal Al-Qur’an. Solo : Pustaka Arafah
Saputra, A. Efektivitas Implementasi Media Mp3 Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di TPA Falahudin Bandar Lampung (unpublished Skripsi).
Solechan & Zidni Z. (2019). Pengembangan Kecerdasan Emosional Di SMA Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. Jurnal Ilmunah. 1(2).
Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Akutansi, 4(2).
Susanti, S. (2022). Dampak Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Kualitas Tidur Studi Kasus Pada Mahasiswa Tasawuf Dan Psikoterapi. Jurnal Riset Agama, 2(1).
Wisbana, E., Ahmad, S. N. A., & Ayuningtyas, I. (2018). Pengaruh Terapi Mendengarkan Murrotal Al-Qur‟an Terhadap Penurunan Tingkat Emosi Pengguna NAPZA Di Lapas Pemuda Kelas II Tangerang. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7725
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara