Dampak Pola Asuh Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Bahasa merupakan salah satu aspek penting dalam tahap perkembangan anak yang memengaruhi kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, baik itu otoriter, permisif, maupun demokratis, memiliki pengaruh yang berbeda terhadap stimulasi kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang anak laki-laki berusia 3 tahun yang berinisial DA, serta orang tua anak tersebut yang berinisial YN. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam lingkungan keluarga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan bahasa anak. Pendekatan pola asuh yang bersifat demokratis secara optimal mendukung anak dalam mengembangkan kemampuan pemerolehan bahasa sejak usia dini. Pada tahap ini, anak mulai memperoleh bahasa dari lingkungan sekitarnya, sehingga peran orang-orang di sekitar sangat memengaruhi serta memfasilitasi proses pemerolehan dan penguasaan bahasa anak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Evi, H. (2018). Perkembangan Bahasa Anak. PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmu Pendidikan 9(2), 195-206.
Jaja, S. & Yusriah. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3(1), 1-2.
Joni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al-Hasanah Tahun 2014. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1), 42-48.
Kia & Erni, M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan 13(3), 264-278.
Mahkamah, B. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2), 42-51.
Nur Kholidah, N. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Sesuai Dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal Of Early Childhood and Character Education 2(2), 145-170.
Novita, A. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 7(1), 43-54.
Pendidikan, M. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: Jakarta.
Silberg, J. (2004). Brain Games for Toddlers. Jakarta: Erlangga.
Tarigan & Henry. G. (1985). Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.
Yusuf, H. & Lela, N. (2023). Analisis Komparasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Dengan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022. Jurnal Intisabi 1(1), 29-40.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara