Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Pembelajaran Model Project Based Learning Berbasis Loose Part

Alisa Kusuma Az Zahra, Edi Hendri Mulyana, Sima Mulyadi

Sari


Karakteristik anak usia dini perlu dipahami dengan baik untuk membentuk generasi yang mampu mengembangkan dirinya secara optimal. Mengingat pentingnya masa usia dini, salah satu aspek yang harus dikembangkan adalah kreativitas anak, karena memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan berbagai aspek pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui media loose parts di TK Negeri Percontohan Soreang Kabupaten Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pembelajaran setiap siklusnya yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak kelompok B TK Negeri Percontohan Soreang Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts mengalami peningkatan dari 62.36% pada siklus pertama menjadi 80% pada siklus kedua. Dengan demikian, terbukti bahwa penggunaan media loose parts dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Percontohan Soreang.

Kata Kunci


Anak Usia Dini; Kreatvitas; Loose Parts

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S. L., & Rosengarten, T. (2019). Definitions Of Loose Parts In Early Childhood Outdoor Classrooms: A Scoping Review. International Journal of Early Childhood Environmental Education.

Hurlock, E. B. (2004). Phisikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Imamah, Z., & Muqowim. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Berfikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM And Loose Parts. Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak.

Listiowati, W. T., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2021). Analisis Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Seni Kriya Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Semarang. Wawasan Pendidikan.

Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Tahrim. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Profesional. Indramayu: Adab.

Torrance, E. P. (1974). Torrance Tests Of Creative Thinking: Thinking Creatively with Words; 1. Verbal Test Booklet A; 1. Directions Manual and Scoring Guide. Scholastic Testing Service

Yoni, A., Purwanto, H., & Ambarwati, S. K. (2010). Compiling Classroom Action Research. Yogyakarta: Familia.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7752

Refbacks



Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara