Pengaruh Aktivitas Bermain Media Kartu Sensa Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Rezky Syafaat

Syarifa Anriani, A. Sri Wahyuni Asti, Muhammad Yusri Bachtiar

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan anak dalam mengenal huruf antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta untuk menilai pengaruh aktivitas bermain menggunakan media kartu sensa terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4–5 tahun di PAUD Rezky Syafaat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Ekperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di PAUD Rezky Syafaat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 6 anak sebagai kelompok eksperiman dan 6 anak sebagai kelompok patokan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan aktivitas bermain dengan media kartu sensa lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 21,33, sedangkan kelompok kontrol sebesar 13,88. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < α = 0,05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengenal huruf anak melalui aktivitas bermain media kartu sensa.

Kata Kunci


Media Kartu Sensa; Kemampuan Mengenal Huruf; Bermain

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 42-54.

Candra, E., & Rahmawati, A. (2016). Peningkatan Pengenalan Huruf Melalui Media Pembelajaran Sandpaper Letters Pada Anak Kelompok A TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016.

Darsinah, D., Indarto, W., & Nurlita, N. Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Melalui Bermain Kartu Huruf Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di KB Delima Indah Kecamatan Kerinci Kanan. Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Riau University).

Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun PAUD Tsamrotul Hasanah Karawang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 23-34.

Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 66-73.

Hartati, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Metode Bermain (Kartu Huruf Dan Gambar) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Membaca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(1), 32-41.

Imroatun, I. (2017). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Utama Anak Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 40-48.

Ismail, V. N., Amal, A., & Nilawati, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Menggunakan Jepitan Huruf Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Isompa Cabenge. Jurnal Profesi Kependidikan, 3(1 Apr).

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street Dan Sentra, Serta Pengaruhnya Terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960-1972.

Lestari, P., & Susari, H. D. (2016). Pengembangan Berbahasa Pada Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Metode Bermain Kartu Huruf Di TK Psm 2 Kawedanan Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2), 34-50.

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236-245.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sand Paper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di TK Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56-67.

Rahman, Y., Arumsari, R. Y., & Azhar, D. A. (2020). Perancangan Purwarupa Kartu Belajar Bertekstur Sebagai Media Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 5(01), 128-143.

Ranala, N., Sasmiati, S., & Sofia, A. (2019). Bermain Kartu Huruf Dan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Retnaningrum, W., & Lathifah, I. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Warna, 4(1), 65-77.

Surya, S., Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 43-53.

Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7754

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara