Pengaruh Kegiatan Bermain Papercraft Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di PAUD Terpadu Ananda Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin

Nining Siti Hamidah, Fahmi Fahmi, Elsa Cindrya, Febriyanti Febriyanti, Desvi Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media papercraft terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Ananda Makarti Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pre Test-Post Test. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis didapatkan setelah dilakukan tes awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Hasil analisis data diperoleh t-hitung =52,608, sementara itu, nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,179. Sehingga dapat disimpulkan t-hitung > t-tabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media papercraft terhadap kemampuan motorik halus pada anak usia kelompok A di PAUD Terpadu Ananda Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin.


Kata Kunci


Papercraft; Kemampuan Motorik Halus; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Sapto, Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise Dan Aktivitas Fisik Untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Malang: Wineka Media.

Amin, S., Yudistira, I., lfarisi, U. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini 1. Jurnal UMJ Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2.

Anggorowati, Dyah, K. & Susilawati, I. (2020). Permainan Sirkuit Dalam Mengembangkan Kreativitas Gross Motorik Taman Kanak-Kanak. Bandung: Media Sains Indonesia.

Budiwaluyo, Hari, & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–93.

Cllaudia, Steffi, E., Wdiastuti, A. A. & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old In Gang Buaya Village In Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143.

Daviq, & Chairilsyah. (2019). PAUD Lectura. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9.

Fadillah, Novianti, R. (2019). Permainan Papercraft Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Keperawatan, 14, 1009–1016.

Gani, R. A., & Purbangkara. T. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Jasmani. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hermawati. (2019). Analisis Pelaksanaan Penilaian Motorik Halus Anak Dengan Portofolio Di TK Asiah. Proceedings of The 4 th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education.

Jatmiko, A. (2019). Joyful English Games: Pendidikan Bahasa Inggris. Ahsyara Media Indonesia.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori Dan Praktik. Prenada Media.

Laksana, D. N. L., Dhiu,K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Penerbit NEM.

Masruroh, & Abidin, Z. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–11.

Nizamuddin, Azan, K., Anwar, K., Ashoer, M., Nuramini, A., Dewi, I., Abrory, M., Pebriana, P. H., Basalamah, J., & Sumianto. (2021). Metodologi Penelitian; Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. CVDOTPLUS Publisher.

Nurrahmah, A. F., Rismaningsih, U., Hernaeny, L., Pratiwi, Wahyudin, A., Rukyat, F. A., Yati, Lusiani, D., Riaddin, & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1. Media Sains Indonesia.

Purwanto (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215.

R, N A. (2020). 30 Kreasi Kertas Untuk Dekorasi Rumah. Bhuana Ilmu Populer.

Roflin, E. Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit NEM.

Rosa, Hafiza, Nurhafizah, & Yulsyofriend. (2020). Efektifitas Papercraf Terhadap Kemampuan Motorik Halus. Journal on Teacher Education, 1(1), 24–34.

Sanaky, Musrifah M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432.

Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial. Deepublish.

Sianturi. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Suharyat, Y. (2022). Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam. Penerbit Lakeisha.

Sukmawati, Annisa, Rahman, T., Giyartini, R. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 246–252.

Sutha, Wijayanti, D. (2021). Biostatistika: Buku Ajar. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Syarifah, A. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Anak Prasekolah Dengan Paper Toys. Penerbit NEM.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7776

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara