Pengaruh Bermain Pasir Terhadap Kreativitas Anak Kelas B Di PAUD Manba’uth Tholab Kecamatan Tanjung Lago
Sari
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kreativitas peserta didik, yang belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain pasir terhadap kreativitas anak kelas B di PAUD Manba’uth Tholab, Kecamatan Tanjung Lago. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, yaitu satu kelompok subjek yang diberi perlakuan setelah dilakukan pengukuran awal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak kelas B di PAUD Manba’uth Tholab. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal sebelum perlakuan, observasi selama proses perlakuan (bermain pasir), tes dalam bentuk pemberian skor untuk mengetahui hasil setelah perlakuan, serta dokumentasi berupa foto. Analisis data dilakukan dengan beberapa uji, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan bermain pasir terhadap peningkatan kreativitas anak kelas B di PAUD Manba’uth Tholab, Kecamatan Tanjung Lago.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin, A. W, Sutisna, I., & Arifin, I. N. (2022). Pengaruh Bermain Plastisin Dari Bahan Dapur Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina. Student Journal of Early Childood Eduation, 2(2).
Atika, & Nurul, M. (2020). Penggunaan Permainan Pasir Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Di TK SSolera Desa Balane Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Institut Agama Islam Negeri Palu.
Debeturu, B., & Wijayaningsih, L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi, 3(1).
Dewi, D. K., Iswatiningtyas, V., & Nugroho, I. H. (2021). Bermain Pasir Ajaib Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak. SEMDIKJAR, 4.
Erlianda, Tiara, Fauzi, A., & Amri, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menulis Di Atas Pasir. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2).
Ernawati, Ali, M., & Miranda, D. (2022). Pengaruh Bermain Menggunakan Media Pasir Terhadap Perkembangan Kretivitas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(2).
Hasanah, Aas, Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2).
Izzah, Lailatul, Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel Untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2).
Kurniati, Asma, Iksan, M., & Poni, W. O. (2023). Kegiatan Bermain Pasir Di Pesisir Pantai Untuk Menstimlasi Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Mambulu. Jurnal Lentera Anak, 3(1).
Kusumastuti, Adhi, Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kauntitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Laila, Azizatul, R., & Nurhayati. (2019). Meningkatkan Kreativitas Seni Melalui Permainan Bak Pasir Untuk Kelompok A Di RA Al-Ishlah Kalipare-Malang. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1).
Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., & Nurhikmah. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreaativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6( 5).
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). Urgensi Profesinalisme Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5).
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, Ermiwati, S., Rahmawati, & Desmila. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(5).
Murtopo, A., & Zuraita, E. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Palembang: Noer Fikri Palembang.
Nasrudin, & Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Buku Ajar Secara Praktis Membuat Penelitian). Bandung: PT Panca Terra Firma.
Nizamuddin. (2021). Metedologi Penelitian Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. Riau: Dotplus Publisher.
Novianti, A., & Primana, L. (2022). Faktor-Faktor Keluarga Yang Memengaruhi Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(5).
Nurani, Yuliani, Hartanti, S., & Sihadi. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Nurrahmawati, Erfha, Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinestic Sand) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PUAD, 7(1).
Permendikbud 137. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud 44. (2019). Tentang Penerimaan Peseta Didik Baru (PPDB) Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas Dan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.
Pohan, & Efendi, J. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Konsep Dan Pengembangan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Radhiah, & Isatir. (2022). Model Pengembangan Bermain Pasir Untuk Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Grong-Grong Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Universitas Medan Area.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Dan Lagu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Rapiatunnisa. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1).
Rianto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Dibidang Manajemen Tehnik Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rizkia, N., Hayati, F. & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 TK Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Sah, S. Z. M., & Alias, A. (2021). Aktivi Bermain Pasir Meningkatkan Interaksi Sosial Kanak-Kanak Yang Kelewatan Pertuturan. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3).
Saripudin, A., Khaeriyah, E., & Lestari, R. A. (2020). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Menggambar Dengan Teknik Inkblot. Jurnal Equalita, 2(1).
Sartika, E. M., & Taher, M. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila AAl-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2).
Subakti, & Hani. (2021). Riset Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sukendra, & Komang. (2020). Instumen Penilaian. Kediri: Mahameru Press.
Sulastri, N. M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Pasir. Jurnal Transformasi, 6(1).
Sulastri, N. M., & Astuti, F. H. (2021). Pengaruh Permainan Kolase Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darul Muhsinin Labulie Lombok Tengah. Jurnal Ralitas Bimbingan dan Konseling, 6(1).
Suryana, & Dadang. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Suryana, Dadang, & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi, 6(2).
Taher, Sartika, M., & Munastiwi, E. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2).
Umah, K. K., & Rakimahwati. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib Di Taman Kanak-Kanak. Journal on Early Childhood, 4(1).
Veryawan, S. H. P., & Ubaidillah. (2020). Kegiatan Usab Abur Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Widiyono, A. A., Indriyanti, Sutrisno, Suwarni, A., Putra, F. A., & Herawati, V. D. (2022). Buku Ajar Terapi Komplementer Keperawatan. Kediri: Lembaga Chakra Brahmanda Lentera.
Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7778
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara