Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di RA Plus Al Uswah Palembang
Ines Darma Julianti, Kristina Imron, Kurnia Dewi, Maryamah Maryamah, Elsa Cindrya
Sari
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh permainan konstruktif terhadap kreativitas anak kelompok B di RA Plus Al-Uswah Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan konstruktif terhadap kreativitas anak kelompok B di RA Plus Al-Uswah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest, yaitu melibatkan satu kelompok subjek yang diberikan pre-test, kemudian perlakuan, dan diakhiri dengan post-test. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 12 anak, yang terdiri atas 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi awal sebelum perlakuan untuk mengetahui kondisi awal kreativitas anak, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan berupa permainan konstruktif. Data juga dikumpulkan melalui tes berupa skor hasil kreativitas setelah perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-hitung = 3,813 sedangkan t-tabel = 1,79588. Karena t-hitung > t-tabel, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan konstruktif terhadap kreativitas anak kelompok B di RA Plus Al-Uswah Palembang.
Kata Kunci
Permainan Konstruktif; Kreativitas; Anak
Referensi
Angginto, A. & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Anggorowati, K. D., & Susilawati, I. (2020). Permainan Sirkuit Dalam Mengembangkan Kreativitas Gross Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jawa Barat: Media Sains Indonesia.
Djaali. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Hasan, M. (2021). Landasan Pendidikan. Jawa Tengah: Tahta Media Group.
Ismail, F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nurani, Y. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Jakarta: Bumi Aksara.
Safari, M. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Bengkalis-Riau: Dotplush Publisher.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahruddin. (2020). Pembelajaran Bombardier Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: CV. Samung Untung.
DOI:
https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.7888
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara
