Pengembangan Instrumen Skala Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Yulia Novita Sari, Dyla Fajhriani N, Umikalsum Arfa, Nurul Jariah, Agus Sultoni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen skala kemampuan komunikasi interpersonal sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur tingkat kemampuan komunikasi interpersonal pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah 32 mahasiswa semester tujuh. Hasil uji validitas dengan menggunakan dua cara, yaitu validitas konstruk (construct validity) dan validitas isi (content validity). Pada hasil uji validitas dihasilkan 29 item pernyataan valid dan 11 item pernyataan tidak valid. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan  nilai Cronbach’s Alpha 0,910 yang memiliki kualifikasi reliabilitas yang sangat tinggi. Dengan demikian, instrumen siap digunakan. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas tersebut, instrumen kemampuan komunikasi interpersonal pada mahasiswa yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas serta termasuk ke dalam kategori validitas dan reliabilitas sangat tinggi, sehingga instrumen skala kemampuan komunikasi interpersonal pada mahasiswa dapat dikatakan layak untuk mengukur tingkat kemampuan komunikasi interpersonal.

Kata Kunci


Instrumen; Komunikasi; Interpersonal; Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Billings, R. L. (2012). Stage Management: Interpersonal Communication Skills For The Stage Manager. Texas A&M University-Commerce.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Education Research: An Introduction. 4th Edition. New York: Longman Inc.

Cangara, H. (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. C. (2012). Education Research, Planning, Conducting And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. 4th Edition. Boston: Pearson.

DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th Ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Guilford, J. P., & Frutchter, B. (1987). Fundamental Statistics In Psychology And Education (6th Ed). Singapore: McGraw-Hill.

Johnson, B. & Christonson, L. (2014). Educational Research 5th Edition. Amerika: by SAGE Publications, Inc.

Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Triningtyas, D. A. (2016). Komunikasi Antar Pribadi. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Wood, J. T. (2015). Interpersonal Communication: Everyday encounters. Nelson Education.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.8939

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor