Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, A. S. (2007). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. PT Rineka Cipta.
Achmad, F. (2024). Implikasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Terhadap Peran, Tantangan, dan Peluang. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 52–63. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7545
Afifuddin, & Ishak, I. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Pendidikan Islam di Era Modern. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 4(2), 119–134. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i2.69
Al-Ghazali, I. (2008). Mutiara Ihya’ Ulumuddin Ringkasan Yang Ditulis Sendiri Oleh Sang Hujjatul Islam. Dar al Fikr.
Ali, A., & Muhdlor, A. Z. (1996). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Multi Karya Grafika Pondok Pesantren Krapyak.
Ardiyanti, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 199–209. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166
Aziz, S. (2017). Kompetensi Spiritual Guru PAUD Perspektif Pendidikan Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 63–78. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1286
Firdaus. (2015). Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Sejak Dini. A-Adyan, 10(1), 99–122.
Hadi, S. (2015). Model Pembentukan Kecerdasan Moral Spiritual Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pemekasan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.656
Hasan, Z., Nasution, M. A. A., Asfahani, Muhammadong, & Syafruddin. (2024). Menggagas Pendidikan Islam Holistik melalui Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Spiritualitas. Global Education Journal, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.59525/gej.v2i1.321
Hasanah, N. (2022). Konsep Fitrah dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 16(1), 83–95. http://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/alwardah/article/view/649
Janna, S. R. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali ( Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam ). Jurnal Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 41–55. https://doi.org/dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.304
Jarbi, M. (2023). Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Pendais, 5(1), 37–51. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1426
Lenggu, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(1), 153–164. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i1.589
Ma’luf, L. (1998). Kamus Al Munjid, Al Maktabah, Al Katulikiyah. Dar al-Masyriq.
Memon, N. A., & Alhashmi, M. (2018). Islamic Pedagogy: Potential and Perspective. Springer Link. https://doi.org/10.1007/978-3-319-73612-9_9
Nur’aini, & Hamzah. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Educatio, 9(4), 1783–1790. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867
Perangin-Angin, S. L., & Daulay, Z. R. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1469–1474.
Prasetyo, A. R. (2020). Early Childhood Physical, Cognitive, Socio-Emotional Development. Golden Age, 4(2), 67–75. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i2.6049
Rohayati, E. (2011). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/doi.org/10.19109/td.v16i01.56
Samsuri, S. (2020). Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85–100. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i1.1278
Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–174. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/ihya/article/view/1734
Seprya, R., & Hariati, H. (2024). Dinamika Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Research, 5(1), 485–491. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.886
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Suryana, E., Hamdani, M. I., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537
Wachidah, K., Sa’ud, U. S., Novita, D., Fediyanto, N., & Susilo, J. (2021). The Harmonization of Spiritual and Intellectual Intelligence in Education for Gifted Children Based on Islamic Theological Perspective. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535(1972), 144–150. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.032
Wahab, M. A., & Karia, N. (2020). Spiritual Intelligence In Islam – A Framework For Total Excellence. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences (EpS BS), 958–967. https://doi.org/10.15405/epsbs.2020.10.88
Winarto. (2021). Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Sayang Bunda Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 49–59. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.22
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.9040
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara