Filosofi Pendidikan Islam: Membentuk Jiwa Anak Usia Dini Sebagai Cerminan Fitrah Dan Akhlak Mulia

Fatoni Achmad

Sari


Pendidikan Islam memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan moral anak usia dini yang berada dalam keadaan fitrah, dengan penekanan pada nilai-nilai akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis filosofi pendidikan Islam dalam kaitannya dengan pembentukan jiwa anak usia dini sebagai cerminan fitrah dan akhlak mulia. Metode penelitian yang digunakan adalah library research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu pengumpulan dilakukan literatur, klasifikasi literatur, dan analisis isi. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan uji kredibilitas melalui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat pendidikan Islam menekankan pentingnya pendidikan bukan hanya sebagai transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai pembentukan karakter, akhlak, dan spiritualitas anak. Pendidikan dalam Islam memandang anak sebagai amanah Allah dengan fitrah yang suci, di mana orang tua dan guru berperan sebagai fasilitator untuk menjaga dan mengarahkan potensi tersebut. Pendidikan Islam menekankan keseimbangan antara perkembangan intelektual, emosional, dan spiritual, yang bertujuan membentuk anak dengan kesadaran moral yang kuat, siap menghadapi kehidupan dengan prinsip-prinsip ilahiah dan tanggung jawab sosial.

Kata Kunci


Filosofi Pendidikan Islam; Fitrah; Akhlak Mulia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. S. (2007). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. PT Rineka Cipta.

Achmad, F. (2024). Implikasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Terhadap Peran, Tantangan, dan Peluang. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 52–63. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7545

Afifuddin, & Ishak, I. (2022). Landasan Filosofis Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Pendidikan Islam di Era Modern. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 4(2), 119–134. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v4i2.69

Al-Ghazali, I. (2008). Mutiara Ihya’ Ulumuddin Ringkasan Yang Ditulis Sendiri Oleh Sang Hujjatul Islam. Dar al Fikr.

Ali, A., & Muhdlor, A. Z. (1996). Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Multi Karya Grafika Pondok Pesantren Krapyak.

Ardiyanti, S. (2022). Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 6(2), 199–209. https://doi.org/10.47006/er.v6i2.13166

Aziz, S. (2017). Kompetensi Spiritual Guru PAUD Perspektif Pendidikan Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 63–78. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1286

Firdaus. (2015). Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Sejak Dini. A-Adyan, 10(1), 99–122.

Hadi, S. (2015). Model Pembentukan Kecerdasan Moral Spiritual Siswa SMP Plus Nurul Hikmah Pemekasan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(1). https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i1.656

Hasan, Z., Nasution, M. A. A., Asfahani, Muhammadong, & Syafruddin. (2024). Menggagas Pendidikan Islam Holistik melalui Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Spiritualitas. Global Education Journal, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.59525/gej.v2i1.321

Hasanah, N. (2022). Konsep Fitrah dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 16(1), 83–95. http://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/alwardah/article/view/649

Janna, S. R. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali ( Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam ). Jurnal Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 41–55. https://doi.org/dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i2.304

Jarbi, M. (2023). Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Pendais, 5(1), 37–51. https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1426

Lenggu, N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Spiritual Anak. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(1), 153–164. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v1i1.589

Ma’luf, L. (1998). Kamus Al Munjid, Al Maktabah, Al Katulikiyah. Dar al-Masyriq.

Memon, N. A., & Alhashmi, M. (2018). Islamic Pedagogy: Potential and Perspective. Springer Link. https://doi.org/10.1007/978-3-319-73612-9_9

Nur’aini, & Hamzah. (2023). Kecerdasan Emosional, Intelektual, Spiritual, Moral dan Sosial Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Educatio, 9(4), 1783–1790. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5867

Perangin-Angin, S. L., & Daulay, Z. R. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1469–1474.

Prasetyo, A. R. (2020). Early Childhood Physical, Cognitive, Socio-Emotional Development. Golden Age, 4(2), 67–75. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i2.6049

Rohayati, E. (2011). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/doi.org/10.19109/td.v16i01.56

Samsuri, S. (2020). Hakikat Fitrah Manusia dalam Islam. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 85–100. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i1.1278

Saryono. (2016). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, 14(2), 161–174. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/ihya/article/view/1734

Seprya, R., & Hariati, H. (2024). Dinamika Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Research, 5(1), 485–491. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.886

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.

Suryana, E., Hamdani, M. I., Bonita, E., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Wachidah, K., Sa’ud, U. S., Novita, D., Fediyanto, N., & Susilo, J. (2021). The Harmonization of Spiritual and Intellectual Intelligence in Education for Gifted Children Based on Islamic Theological Perspective. Proceedings of the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), 535(1972), 144–150. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.032

Wahab, M. A., & Karia, N. (2020). Spiritual Intelligence In Islam – A Framework For Total Excellence. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences (EpS BS), 958–967. https://doi.org/10.15405/epsbs.2020.10.88

Winarto. (2021). Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Sayang Bunda Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 49–59. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.22




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i2.9040

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor