Modifikasi Perilaku Temper Tantrum Dengan Teknik Time Out Pada Anak Usia Dini

Yulia Novita Sari, Fatoni Achmad, Dyla Fajhriani N, Nurul Jariah, Kusumawati Kusumawati

Sari


Aspek perkembangan sosial emosional menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan pada anak usia dini, salah satunya adalah temper tantrum dengan menunjukkan perilaku tantrum, menangis dengan keras, atau memukul benda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik time out dalam memodifikasi perilaku temper tantrum pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau studi kepustakaan. Hasil analisis studi literatur menunjukkan bahwa metode time out untuk modifikasi perilaku dapat membantu mengurangi perilaku stres pada anak usia dini atau mengurangi perilaku maladaptif. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa penerapan teknik time out untuk modifikasi perilaku disesuaikan dengan kebutuhan anak agar anak-anak merasa aman, nyaman, dan dapat meredam emosinya. Dengan demikian, perilaku temper tantrum yang ditunjukkan oleh anak dapat diatasi secara bertahap. teknik istirahat. Dengan modifikasi perilaku, anak yang mengalami temper tantrum dapat tumbuh dan berkembang sehingga anak dapat memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi dengan benar. Ini akan memungkinkan anak untuk bersosialisasi, berkomunikasi, dan mempelajari lingkungan.

Kata Kunci


Modifikasi Perilaku; Temper Tantrum; Time Out

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiwijaya, R. P., & Kuntoro, I. A. (2019). Penerapan differential reinforcement of alternative behavior untuk menurunkan screen-time pada anak dengan language disorder. Journal of Psychological Science and Profession, 3(1), 57. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i1.21507.

Asqia, N., & Ashari, N. (2023). Penerapan Metode Time Out Dalam Memodifikasi Perilaku Manipulative Tantrum Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Mirring Kabupaten Polewali Mandar (Studi Kasus). Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 105-114.

Asri, D. N., & Suharni, S. (2021). Modifikasi Perilaku: Teori Dan Penerapannya. Madiun, UNIPMA Press.

Cahya, M., Lestari, D., Diniyyah, S., Rahmah, P., Yunusiyyah, E., & Panjang, P. (2020). Stimulasi Metode Time Out Dalam Menerapkan Sikap Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 60–69.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research, 4. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online)https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_ no_20_th_2003.pdf

Devitasari, C. R., Mahmudi, I., Kadafi, A., & Kelompok, K. (2022). Konseling Kelompok Behavior Teknik Time Out Untuk. 6(1), 72–79.

Evanirosa, E., Bagenda, C., Hasnawati, H., Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, N., Maisarah, M., Asdiana, A., Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) (Z. Na’im (ed.)). Media Sains Indonesia. https://play.google.com/books/reader?id=vrp_EAAAQBAJ&pg=GBS.PA69.

Fadillah, K. N., & Wulandari, H. (2024). Dampak Perilaku Tantrum Terhadap Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3940- 3952.

Fetsch, R. J., & Jacobson, B. (2013). Children’s Anger and Tantrums. Fact Sheet No. 10.248 Consumer Series, Family. Colorado State University, US.

Harahap, Y. L. (2023). Efektifitas Teknik Time Out Untuk Menurunkan Perilaku Tantrum Pada Anak Autism Spectrum Disorder, Skiripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Hayes, E. (2003). Tantrum: Panduan Memahami Dan Mengatasi Ledakan Emosi Anak. Jakarta, Erlangga.

Korohama, K. E. P., & Bali, E. N. (2020). Konseling Anak Usia Dini Temper Tantrum Kathrina. Early Childhood Education And Development Studies. ECEDS, 1(2), 1–6. Library, U. (n.d.). Write a Literature Review. https://guides.library.ucsc.edu/write-a-literature- review.

Mukarromah, T. T. (2021). Modifikasi Perilaku Pada Anak Dengan Gangguan Perilaku Makan (Pica Disorder): Studi Literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(2), 96-108.

Mutiah, D. (2016). Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak (Penelitian Pengembangan Di Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Dan SD Islam Ruhama Ciputat Tangerang Selatan). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstre am/123456789/34526/2/DIANA MUTIAHPSIJURNAL NASIONAL.pdf.

Purwanta, E. (2012), Modifikasi Perilaku: Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanti, T. (2014). Peningkatan Pengendalian Diri Melalui Modifikasi Perilaku Pada Anak Tungarungu Di Kelas C TKLB SLB Negeri 2 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Saleh, R. (2022). Kerja Sama Orang Tua Dan Pendidik Dalam Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Anak. Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, 3(1), 24-33.

Sari, M., & Sitepu, J. M. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum Melalui Metode Time Out Pada Aktivitas Pembelajaran. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 230- 241.

Sembiring, A. K., Filtri, H., & Efastri, S. M. (2017). Persepsi Orang Tua Terhadap Pemecahan Masalah Temper Tantrum Anak Usia Dini Di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. 23(7), 88–96.

Seni, P. (2017). Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah Kelompok B Palangka Raya. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1).

Shanti, A. I. (2015). Penerapan Teknik Penyisihan Sesaat (Time-Out) Untuk Mengurangi Durasi Perilaku Tantrum Pada Autisme Kelas III Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Dian Amanah Yogyakarta. In Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, 151. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sinaga, J.D. (2015). Time-Out Sebagai Teknik Modifikasi Perilaku Di Sekolah Dan Di Rumah: Ulasan Singkat Dan Rekomendasi. Husmanitas, Jurnal Psikologi Indonesia, 27–28.

Sukma, M., Arifin, R. F., & Putra, F. (2019). Hubungan antara Komunikasi Orang tua Terhadap Anak Dengan Temper Tantrum Anak Di TK Nurul Hidayah. E-Journal Pustaka Kesehatan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/pk.v7i2.19122.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Onlain), tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id.

Vijayalakshmi, N. (2019). Behavior Modification Techniques-An Awareness Study. Shanlax International Journal of Education, 7(2), 20–24. https://doi.org/10.34293/education.v7i2.33 3




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.9430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara