Menumbuhkan Karakter Islami Pada Anak Usia Dini: Menjawab Tantangan Sosial Dan Moral Di Era Digital
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adistiarachma, N., & Alia, D. (2024). Peran Media Video Animasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(02), 49–57.
Aesong, I. D. (2023). Pola Pengasuhan Anak di Tengah Maraknya Penggunaan Gadget Children’s Parenting Patterns In The Midst Of The Rise Use Of Gadgets. Jurnal Pembangunan Daerah, 3(2), 60–72. https://jurnalbrida.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/53
Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v3i09.1159
Bahri, H. (2019). Pendidikan Islam Anak Usia Dini. CV Zigie Utama.
Cahyo, A. F. D., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). Implementasi Prinsip Adab Islam Dalam Lingkungan Keluarga Siswa Kelas IV SDIT Suis (Sekolah Unggulan Islami) Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.530
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.
Hidayanti, M., & Busyaeri, H. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Islami Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Al-Qayyimah, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.30863/aqym.v6i1.4124
Hurlock, E. B. (2018). Child Development. In McGraw-Hill.
Jasman, Noveliza, F., & Thaheransyah. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Empati Anak di Kenagarian Salimpek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1).
Kemendiknas. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Untuk Guru. Kementerian Pendidikan Nasional.
Mufidah, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islami Dan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap Prososial Berbasis Tri Sentra Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Pena Edukasia, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.25
Muzdalifah, Qomariyah, A. N. A., Destiani, G., Suhendra, N. N., & Fajrussalam, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengelolaan Emosional Anak Dalam Islam. JPDK, 4(2), 229–235. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4013
Nikmah, F. (2023). Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini di Era Digital dalam Perspektif Al-Qur’an. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.678
Nurhayati, & Sabariah, H. (2024). Konsep Pendidikan Anak Berkarakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 142–150. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.951
Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544
Prasetya, B. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efeketif Di Sekolah. Academia Publication.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal Ilmiah Guru “COPE,” 02, 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2913
Putriana, D., Aini, A. Q., Irsyad, A., & Mu’alimin. (2024). Revolusi Digital Dalam Pendidikan Islam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Integrasi Teknologi. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 299–210. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.263
Ramadhan, A. R., Adira, W. R., & Hidayat, N. (2024). Optimalisasi Pendidikan Karakter: Menghadapi Tantangan dan Merancang Strategi Cerdas di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6593–6603.
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 273–288. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3597
Samami, M. (2016). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109
Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.
Wiguna, A. (2014). Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Deepublish.
Yusnia, Fatimah, S., & Syam, A. S. M. (2021). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal An Nisa’, 14(2), 94–107. https://doi.org/10.30863/an.v14i2.5146
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.9847
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara