Menumbuhkan Karakter Islami Pada Anak Usia Dini: Menjawab Tantangan Sosial Dan Moral Di Era Digital

Fatoni Achmad, Yulia Novita Sari, Bujuna Al Hadad, Agus Sultoni

Sari


Perkembangan zaman yang semakin kompleks menuntut kesiapan semua pihak dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya penumbuhan karakter Islami pada anak usia dini sebagai respon terhadap tantangan sosial dan moral yang ditimbulkan oleh perkembangan era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah library research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, di mana peneliti menelusuri, menyeleksi, dan menganalisis literatur. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menerapkan beberapa teknik, di antaranya adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penanaman karakter Islami pada anak usia dini merupakan upaya strategis dalam menjawab tantangan sosial dan moral di era digital, dengan menanamkan nilai-nilai keislaman sejak dini melalui keteladanan, pembiasaan, dan interaksi yang konsisten. Kolaborasi antara orang tua, lembaga PAUD, dan pemanfaatan media digital secara bijak menjadi kunci dalam membentuk generasi yang tangguh secara moral dan spiritual tanpa kehilangan jati diri keislamannya.

Kata Kunci


Karakter Islami; Sosial; Moral

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adistiarachma, N., & Alia, D. (2024). Peran Media Video Animasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(02), 49–57.

Aesong, I. D. (2023). Pola Pengasuhan Anak di Tengah Maraknya Penggunaan Gadget Children’s Parenting Patterns In The Midst Of The Rise Use Of Gadgets. Jurnal Pembangunan Daerah, 3(2), 60–72. https://jurnalbrida.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/53

Al Mubarok, A. A. S. A. (2021). Alat Permainan Edukatif dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 93. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10103

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v3i09.1159

Bahri, H. (2019). Pendidikan Islam Anak Usia Dini. CV Zigie Utama.

Cahyo, A. F. D., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). Implementasi Prinsip Adab Islam Dalam Lingkungan Keluarga Siswa Kelas IV SDIT Suis (Sekolah Unggulan Islami) Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89–99. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1.530

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Alfabeta.

Hidayanti, M., & Busyaeri, H. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Islami Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. Jurnal Al-Qayyimah, 6(1), 32–37. https://doi.org/10.30863/aqym.v6i1.4124

Hurlock, E. B. (2018). Child Development. In McGraw-Hill.

Jasman, Noveliza, F., & Thaheransyah. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Empati Anak di Kenagarian Salimpek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1).

Kemendiknas. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Untuk Guru. Kementerian Pendidikan Nasional.

Mufidah, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islami Dan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap Prososial Berbasis Tri Sentra Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Pena Edukasia, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.25

Muzdalifah, Qomariyah, A. N. A., Destiani, G., Suhendra, N. N., & Fajrussalam, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pengelolaan Emosional Anak Dalam Islam. JPDK, 4(2), 229–235. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4013

Nikmah, F. (2023). Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini di Era Digital dalam Perspektif Al-Qur’an. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.678

Nurhayati, & Sabariah, H. (2024). Konsep Pendidikan Anak Berkarakter Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(3), 142–150. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i3.951

Oktaviana, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 145–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544

Prasetya, B. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efeketif Di Sekolah. Academia Publication.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal Ilmiah Guru “COPE,” 02, 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i2.2913

Putriana, D., Aini, A. Q., Irsyad, A., & Mu’alimin. (2024). Revolusi Digital Dalam Pendidikan Islam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Integrasi Teknologi. Reflection : Islamic Education Journal, 1(4), 299–210. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.263

Ramadhan, A. R., Adira, W. R., & Hidayat, N. (2024). Optimalisasi Pendidikan Karakter: Menghadapi Tantangan dan Merancang Strategi Cerdas di Era Digital. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 6593–6603.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2022). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Keteladanan Guru Dalam Pembelajaran PAI. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 273–288. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3597

Samami, M. (2016). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Saputri, R. D. R., & Setyawan, A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 24–31. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.109

Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.

Wiguna, A. (2014). Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Deepublish.

Yusnia, Fatimah, S., & Syam, A. S. M. (2021). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal An Nisa’, 14(2), 94–107. https://doi.org/10.30863/an.v14i2.5146




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.9847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara