Analisis Perkembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini Di PAUD Telkom Ternate

Nurlaela Amin, Rita Samad, Winda Oktaviani, Rosita Wondal, Darmawati Hadi, Umikalsum Arfa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan kemampuan motorik kasar anak usia dini di PAUD Telkom Kota Ternate melalui metode bernyanyi. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan fokus pada penggambaran data secara sistematis. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang guru dan 15 anak di PAUD Telkom Kota Ternate. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui metode bernyanyi terlihat pada tiga indikator utama, yaitu: 1) Melatih kelenturan dan koordinasi otot jari dan tangan, dari 15 anak yang diteliti, 13 anak menunjukkan peningkatan kemampuan motorik kasar dalam aspek ini, sementara 2 anak lainnya masih memerlukan bimbingan lanjutan. Guru mengamati bahwa anak-anak yang aktif lebih mudah mengikuti gerakan saat bernyanyi dibandingkan anak yang kurang aktif, yang cenderung menunjukkan gerakan jari lebih lambat. 2) Membentuk dan memperkuat tubuh anak, seluruh anak mampu mengikuti gerakan untuk memperkuat tubuh anak-anak. Anak-anak yang aktif sudah bisa mengikuti gerakan dengan baik. Di kelas B, anak-anak yang berusia di atas lima tahun bahkan sudah mampu mengubah gerakan sendiri sesuai dengan lagu. 3) Melatih keterampilan gerak anak, sebanyak 11 anak mampu melatih keterampilan geraknya melalui kegiatan bernyanyi, sedangkan 4 anak lainnya belum menunjukkan kemampuan tersebut secara optimal. Gerakan-gerakan sederhana seperti memutar tangan dan bertepuk tangan dapat diikuti dengan baik oleh anak-anak yang memiliki fokus tinggi terhadap gerakan lagu.

Kata Kunci


Kemampuan Motorik Kasar; Metode Bernyanyi; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahdad, M. M. (2022). Penyempurnaan Koordinasi Gerakan Besar Anak Usia Dini di Zaman New Normal, 1(1), 17–28

Akmilan, S. N., Lestari, R. H., & Musfita, R. (2024). Metode Bernyanyi Merupakan Cara Pembelajaran Yang Bisa Meningkatkan Keyakinan Diri Anak-Anak Usia Dini.

Arwih, M. Z. (2022). Menyelidiki Kemajuan Perkembangan Motorik Kasar Anak Di TK Buton Selatan.

Darmayanti, E. (2022). Penggunaan Cara Bernyanyi Sebagai Alat Pengembangan Diri Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.

Kajian, J., Dasar, P., Dini, A. U., (2022). Peningkatan Keterampilan Gerak Kasar Pada Anak Usia Dini, 5, 11–21.

Karlina, L. (2023). Pengaruh Positif Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Kemajuan Motorik Kasar Pada Anak Berusia 5-6 Tahun Di TK Negeri 5 Tibang, Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1-11.

Laela, R. (2022). Penggunaan Metode Menyanyi Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Vi B Yang Diajarkan.

Lestari, E. A. A. (2017). Memanfaatkan Bernyanyi Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pelita PAUD, 2

Murni, D., Nurmiati, & Hente, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak Usia Dini Belajar Lewat Kegiatan Bernyanyi Di Kelompok B TK Al-Khairaat. Journal Research, 3(2), 56–61.

Nisa, K. & Prayogo. (2019). Dampak Yang Ditimbulkan Oleh Penggunaan Metode Bernyanyi Terhadap Kemajuan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bougenvile.

Titriana, E. N. (2023). Tindakan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak. Dilakukan Melalui Program Bimbingan Belajar Tunas Ceria di Desa Bedrug, Pulung, Ponorogo, 1, 123-131.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v7i1.9849

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara