KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Fatimah Esti Radinah, Sulami Sibua, Suhardi Kasim

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ntuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis surat resmi pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate dengan menggunakan metode pembelajaran STAD. Desain penelitian adalah penelitian tindakan (Classroom Action Research) dengan instrumen yang digunakan adalah angket, soal tes, wawancara, lembar observasi guru dan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model  Student Team – Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran menulis surat resmi. Dari hasil penelitian ini data yang diperoleh adalah kemampuan menulis surat resmi siswa pada siklus I menunjukkan dari 18 siswa, yang telah mencapai ketuntasan  dalam belajar sebanyak 22%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 78%. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II dengan perolehan peningkatan data kemampuan menulis surat resmi mencapai ketuntasan sebanyak 67%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis surat resmi kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate pada materi menulis surat resmi.

Keywords


Kemampuan; menulis surat; model STAD

References


Afifah, Nur. 2016. Panduan Mudah dan Praktis Menyusun Skripsi-Tesis dan Disertasi. Araska, 2016.

Alwasilah, Chaedar dkk, 2013. Pokoknya Menulis; Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Kiblat. 2013.

Aqib, Zainal, 2014. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif), Yrama Widya, 2014.

Dalman, H, 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada. 2012.

Fanani, Achmad dkk, 2012. Ejaan Yang Disempurnakan; Panduan Cerdas dan Lengkap Berbahasa Indonesia. Pelangi. 2012.

Gusti Yanti, Prima dkk, 2016. Bahasa Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Grasindo, Jakarta.

Ricoeur, Paul, 2012. Teori Interpretasi; Memahami Teks, Penafsiran dan Metodologinya. IRCiSoD, 2012.

Ridwan, 2009. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Alfabeta, 2009.

Subariyanto, Dirgo, 2000. Bahasa Surat Dinas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 2000.

Sudarsa, dkk, 1992. Surat Menyurat dalam Bahasa IndonesiaI. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rosda, 2008.

Tarigan, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung, 2008.

Ulyani, Mara, 2012. Buku Lengkap Aneka Surat Dinas. Flashbooks. 2012.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v9i1.2770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG