STUDENTS’ STRATEGIES IN LEARNING ENGLISH IN THE NURSING DEPARTMENT AT SMK N 3 TIDORE KEPULAUAN

Nurdawati Muhammad, Asrul M. Syawal, Saiful Latif

Abstract


Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian. Peneliti membagikan link kepada siswa yang berisi kuesioner tentang persepsi siswa dalam strategi belajar kemudian siswa mengisi kuesioner melalui google form. Dari hasil tanggapan siswa maka hasilnya pun sudah otomatis masuk di goole form. Setelah itu peneliti menganalisis hasil tanggapan dari siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu sepuluh siswa di kelas tiga jurusan keperawatan di SMK N 3 Tikep. Hasil analisis menunjukan bahwa hanya 30% siswa saja yang memiliki strategi belajarnya sendiri, namun meskipun begitu mereka aktif dalam pembelajaran di kelas karna 70% dari mereka menjawab selalu. Berdasarkan hasil tanggapan dari siswa, peneliti dapat menyimpulkan bahwa strategi belajar siswa adalah strategi pembelajaran metakognitif karena siswa mencoba untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, strategi pembelajaran meta-kognitif digunakan untuk mengawasi atau belajar bahasa langsung yang melibatkan berbagai proses, seperti perencanaan, memprioritaskan, menetapkan tujuan, dan manajemen diri. Peneliti menyimpulkan strategi meta-kognitif karena dilihat dari hasil tanggapan yang menjawab 80% dari mereka berusaha mendapatkan hasil belajar yang baik, untuk mendapatkan hasil belajar yang baik maka siswa harus merencanakan bagaimana bisa mendapatkan hasil belajar yang baik.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Metacognitive; Penelitian kualitatif

Full Text:

PDF

References


Aisyah Aisyah Ani (2016). Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dan self confident siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan dan pengajaran Matematika. Universitas Indonesia. Bandung. Volume 2 Nomor 1, pp.1-12.

Dick and Carrey, L. (1985). The Systematic design Instruction. Second edition. Glenview.

Gerlach, V.S. & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media: a Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Hamalik, Oemar (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. (2012: 3) Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mandani.

JihadAsep &Haris Abdul. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kellen Roy. (1998). Effective Teaching Strategis Lesson from Research and Practice. South Melbourne, Vic.: Thomson Social Science Press.

Oxford, R. L. (1990). Language Learning Strategies What Every Teacher Should Know. Newbury House.

Sulistyo-Basuki. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Rubin, J. (1987). Learner strategies: Theoretical assumptions, research history and typology. In Wenden, A. L., & Rubin, J. (Eds.), Learner Strategies in Language Learning, 15-30. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v10i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG