MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN MAHASISWA MELALUI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TAHUN AKADEMIK 2021

Hamida Jasin

Abstract


Penelitian ini bermaksud mengetahui implementasi integrasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan mengetahui peningkatan kompetensi kepribadian mahasiswa melalui integrasi pendidikan karakter. Peneliti mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter di dalam pembelajaran bahasa Inggris pada mahasiswa semester 2 program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Khairun dalam menunjukan perilaku sebagai sumber data penelitian. Instrumen yang digunakan oleh penulis adalah dalam bentuk observasi dan tes. Data dalam penelitian ini terutama dikumpulkan melalui penggunaan pre-test, observasi, kuesioner, dan post-test. Setelah data dikumpulkan, peneliti menganalisis berdasarkan empat poin; berahlak mulia dan dapat menjadi teladan, dewasa, arif, dan kepribadian mantap dan stabil. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa  Inggris melalui tiga jenis kegiatan; kegiatan awal, kegiantan inti dan kegiatan ahir dapat meningkatkan kompetensi kepribadian mahasiswa. Rata-rata dari hasil pre-test adalah 60.1 dan rata-rata dari hasil post-test adalah 70,1.

Keywords


Kompetensi kepribadian mahasiswa; penguatan pendidikan karakter

References


Danim, Sudarman. 2015. Profesi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.

Wijayanti, H., dan Clara Ika. 2019. Kunci Guru Profesional. Yogyakarta. Media Akademi

Rohanim. dkk. 2018.Praktek baik Penguatan Pendidikan karakter . Jakarta.Kemdikbud .

Tomal. D.R.2003. Action Research For Educators. Oxford; The Scarecrow Press.Inc.

Mc Niff. J.2002.Action Research: Principle and Practice. London. British Library Cataloguing.

Sagor, R.2000. Guiding School Improvement with Action Research. USA.Association for Supervision and Curriculum Development.

Moreilon, J. 2007. Collaborative Strategies for Teaching Reading Comprehension. Chicago. American Library Association.

Hendarman. dkk.2017.Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru. Jakarta. PASKA Kemdikbud.

Harmanto. dkk. 2016. Penjaminan Mutu Internal Sekolah; Teori dan Praktek. Yogyakarta. ANDI

Hendarman. dkk. 2017.Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. PASKA Kemdikbud.

Kemdikbud. 2017. PP No 19 Tahun 2017 Tentang Guru. Jakarta.Kemdikbud.

Kemdikbud. 2005. UU RI, No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta. Kemdikbud.

Kemdikbud. 2008. PP No 74 Tahun 2008 Tentang Guru. Jakarta. Kemdikbud.

Kemdikbud. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemdikbud.

Kemdikbud. 2018. Permendikbud No 20 tahun 2018.Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Kemdikbud




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v10i1.3396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG