ANALISIS KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL THE HEN WHO DREAMED SHE COULD FLY KARYA HWANG SUN-MI

Susana R. Bahara, Fitria Wulan Sari

Abstract


Novel The Hen Who Dreamed She Could Fly adalah Novel yang berisi tentang kekuatan sebuah mimpi dan perjuangan hidup yang keras dari seekor ayam petelur untuk mendapatkan kebebasan. Kisah tokoh utama yang bernama Daun merupakan seekor ayam petelur yang berjuang untuk tetap bertahan hidup untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang Ibu yang dapat mengerami telur dan memiliki anak ayam. Peneliti memilih novel The Hen Who Dreamed She Could Fly karena tertarik dengan penyajian kisah perjalanan hidup berbeda pada umumnya, yaitu dari seekor ayam petelur. Tujuan penelitian ini adalah selain mengetahui proses perjalanan hidup yang dijalani tokoh utama, peneliti juga tertarik untuk meneliti karakteristik tokoh utama Daun dalam novel The Hen Who Dreamed She Could Fly. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kalitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan teknik simak catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama Daun, memiliki 5 karakter, yaitu optimis, penyayang, berani, hormat dan protektif.

Keywords


Karakterisasi; tokoh utama; novel

Full Text:

PDF

References


Adam, Andi. 2016. Analisis Nilai Karakteristik Tokoh Utama pada Novel Haid Pertama Karya Enny M. dalam Jurnal Konfiks. Vol.3. No.1 (halaman 39-51). Makssar.Universitas Muhammadiyah Makassar.

Eli dan Sutanto, Edy. 2020. Analisis Karakter Tokoh Utama Wiana pada Novel Surga di Wajah Ibu Karya Mura Alfa Zaez (Tinjauan Psikoanalisis). dalam Aksarabaca Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. Vol.1. No.1 (halaman 14-27). Jakarta: Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS Jakarta

Eliza, Ani Nur dan Septiani, Dwi. 2021. Karakterisasi Tokoh Utama dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan Karya Ihsan Abdul Quddus. dalam Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya. Vol.5. No.1. Ciamis : Universitas Galuh Ciamis.

Fazalani, Runi. 2021. Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel I Am Sarahza Karya Hanum Salsabiela Rais & Rangga Almahendra. dalam Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol.4. No.2 (halaman 443-458). Universitas Muria Kudus.

Hadari, Nawawi, 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2016. Available at : https://kbbi.kemdikbud.go.id/. (diakses 8 mei 2022)

Nata, Afridarka Trisanti dan Pujiharti, Yulita. 2021. Analisis Karakter Tokoh Utama dalam Novel Raja untuk Ratu Karya Teresia. dalam Prosiding Salinga hasil Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya bertema "Peran Bahasa dan Sastra dalam Penguatan Karakter Bangsa". Vol.1.No.1 (halaman 664-669). Malang : IKIP Budi Utomo Malang.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Setiawan, Adi. 2019. Analisis Tokoh Utama dalam Novel Rose in The Rain Karya Wahyu Sujani. dalam Jurnal Ilmiah Korpus, Vol.3. No.2

Sugiyono.2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sun-Mi, Hwang. 2020. The Hen Who Dreamed She Could Fly. Tangerang Selatan: Penerbit Baca

Wellek, Renne dan Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.cakrawala.v11i1.4886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Printed ISSN (p-ISSN): 2089-6115

Online ISSN (e-ISSN): 2808-3415
Our Journal has been indexed by:
 
STATISTIK PENGUNJUNG