PENDEKATAN OPEN-ENDED (MASALAH, PERTANYAAN DAN EVALUASI) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Sari
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu kemampuan yang dapat dikembangkan pada setiap siswa. Pemilihan pendekatan pembelajaran yang tepat akan menunjang pengembangan kemampuan-kemampuan tersebut. Pendekatan merupakan suatu jalan, cara atau kebijaksanaan yang ditempuh oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pengajaran dilihat dari sudut bagaimana proses pengajaran atau materi pelajaran itu dikelola. Memecahkan masalah adalah sebuah tugas kompleks yang sangat esensial dalam pengajaran dan pembelajaran matematika. Untuk membantu siswa agar dapat tumbuh menjadi pemecah masalah yang baik, pendidik matematika harus memberikan soal yang terstruktur dengan baik maupun yang bersifat open-ended. Karakteristik soal matematika yang terstruktur dengan baik adalah kondisi soal/masalahnya dinyatakan secara eksplisit dalam pernyataan soal. Sebaliknya, dalam soal open-ended matematika, tujuan tidak dinyatakan secara eksplisit dalam pernyataan soal sehingga mengharuskan siswa untuk membuat tujuan spesifik dari tindakannya. Selain rancangan soal yang sesuai, evaluasi-pun memegang peranan yang sangat penting dalam menilai suatu masalah open-ended.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v2i2.113
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0