PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA

Juniawanti Mahmud, Nurma Angkotasan, In H. Abdullah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Kota Ternate T.A 2017/2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yaitu perhitungan menggunakan rumus N-gain. Hasil statistik deskriptif peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Treffinger dengan perhitungan menggunakan rumus N-gain diperoleh nilai N-gain yaitu 0,70. Berdasarkan kriteria interpretasi Ngain diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada pada interpretasi sedang.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/dpi.v7i1.1225

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Editorial Office:
 
Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Website : https://ejournal.unkhair.ac.id
p-ISSN 2089-855X
e-ISSN 2541-2906
Alamat Email Jurnal : deltapi@unkhair.ac.id
 
Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
INDEXED BY:

           

View My Stats Delta-Pi

 

Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika © 2024 is licensed under CC BY 4.0